oleh

Meski Sederhana, Perayaan Natal dan Bona Taon FPK5 Kota Medan Berlangsung Lancar dan Penuh Sukacita

SHARE
112 views

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Pengurus dan anggota Forum Pedagang Kaki Lima (FPK5) Kota Medan yang di ketuai oleh AP.Luat Siahaan melaksanakan perayaan natal sekaligus acara Bona Taon 2021 yang di tempatkan di gedung Yayasan Serbaguna Yesi Daniel Jalan Pintu Air-IV Simalingkar Kecamatan Medan Johor, Minggu (17/1/2021).

Hadir pada acara perayaan Natal dan Bona Taon 2021 tersebut, Ketua FPK5 Kota Medan, AP.Luat Siahaan, Pdt.B.Pandiangan, S.Br.Siahaan dan perwakilan pengurus serta anggota FPK5 Kota Medan.

Pada kata sambutannya, ketua Forum Pedagang Kaki Lima Kota Medan (FPK5 Kota Medan), AP Luat Siahaan mengatakan bahwa pedagang kaki lima kota Medan adalah asset yang harus tetap di jaga dan di pertahankan keberadaannya. Para PK5 yang banyak berjualan tersebar di berbagai pasar di Kota Medan sudah terbukti dan teruji mampu menggerakkan serta mempertahankan ekonomi rakyat kecil di saat Negara Indonesia di terpa krisis ekonomi.

” Bukan hanya itu, keberadaan PK5 terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, telah mampu mempertahankan kelangsungan perekonimian bangsa di tingkat menengah ke bawah. Disaat banyak orang kelilangan pekerjaan akibat dampak Covid-19, kebutuhan mahal, namun pedagang PK5 mampu bertahan mempertahankan perekonomian mereka dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,”ujar AP Luat Siahaan. Minggu (17/1/2021) usai mengikuti perayaan Natal dan Bona Taon FPK5 Kota Medan.

Kata Luat Siahaan lagi, sebenarnya saat ini pedagang merayakan Natal dan Bona Taon dengan penuh sukacita dan damai tapi gersang. Dari dukungan kepada pejabat yang ada di kota Medan sampai ke pejabat tinggi Negara, peran PK5 Kota Medan sudah terbukti, mulai dari memberikan dukungan dan suara kepada Presiden Jokowi saat masih sebagai gubernur. Kalai itu, terang Siahaan, Presiden Jokowi datang ke Sumatera Utara dengan status masih sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk memberikan dukungan kepada Effendi Simbolon kala itu, yang maju mencalonkan diri sebagai gubernur Sumut.

” Saat itu para PK5 Medan hadir di hotel Hermes Jalan Mongonsidi untuk mendukung calon Gubsu, Bapak Effendi Simbolon dan dari situ para PK5 juga sudah mendukung Bapak Jokowi untuk maju menjadi Presiden. Dan dua periode duduk menjadi presiden, para PK5 tetap mendukung Bapak Jokowi bahkan sampai saat ini,” ucapnya.

Selain Effendi Simbolon, PK5 Kota Medan juga pernah memberikan dukungan kepada Bapak Yasona Laoi, yang saat itu diberangkatkan di pusat pasar dan para ibu-ibu PK5 Kota Medan menyanyikan lagu koor Ina pada saat itu. Walikota Abdillah, Gubernur Rudolf Pardede, Alm.Joni Marpaung, dan mendukung Edy Rahmayadi  di gereja HKPB Simalingkar, ketika mencalonkan diri menjad Gubsu dan menang.

“Meskipun, setiap di acara perayaan natal yang di laksanakan oleh FPK5 Kota Medan, mereka yang telah duduk atas dukungan para pedagang tidak pernah hadir, namun, para PK5 tidak pernah berkecil hati. Para PK5 hanya berharap tempat pedagang dapat di bina dan di arahan.
Pedagang kaki lima jangan di gusur namun di geser untuk dapat menjadi pengusaha yang baik dan mampu mandiri,” terang Luat.

Sementara, pada Khotbah yang dibawakan oleh Pdt.Benaris Pandiangan, mengajak agar seluruh pedagang tetap sabar dan penuh semangat dalam berjualan. Dikatakan Pdt.M.Pandiangan lagi, Tuhan akan datang untuk ke dua kalinya ke dunia, dan mereka yang percaya kepada Dia akan di dampingi kemana pun pergi, sampai hari kiamat.

“Kejadian wabah Corona Covid-19 telah pernah terjadi di dunia, yakni lewat tulah-tulah yang diberikan Tuhan kepada umat manusia kala itu yang tidak percaya kepadaNya pada jaman dahulu. Sehingga selau orang Kristen, tidak perlu terkejut, dan jangan takut dan terlalu kawatir terhadap wabah Corona (Covid-19) yang terpenting selalu ikuti peraturan kesehatan dengan selalu memakai masker ketika berjualan dan bepergian, mencuci tangan sesering mungkin, dan menghindari kerumunan yang terlalu berlebihan,”ucapnya.

Pada acara permohonan dan doa (Doa Syafaat) untuk meminta perlindungan dan pengampunan kepada Tuhan, Sarlina Boru Siahaan juga mendoakan Bapak Jokowi selaku presiden RI agar tetap sehat bahkan setelah di suntik vaksin anti Covid-19, termasuk juga Edy Rahmayadi (gubernur Sumatera Utara), agar tetap sehat dan selalu di lindungi TUhan Yang Maha Kuasa dalam memimpin provinsi Sumatera Utara lima tahun ke depan. Agar Sumut maju dan semakin bermartabat.

Kegiatan perayaan Natal dan bona taon FPK5 kota Medan yang  di komandoi pembawa acara, Cristianti Siregar tersebut juga di isi dengan berbagai acara seperti, pembacaan liturgi oleh anak-anak dari perwakilan pedagang, dan hiburan puji-pujian kepada Tuhan atas karunia dan rahmat yang telah diberikan kepada seluruh pedagang kaki lima dalam bekerja dan mencari nafkah sehari-hari.

“PK5 kota Medan, Dami tapi Gersang,” tutup AP.Luat Siahaan.(MR/Wan

Breaking News