oleh

Hari Kesembilan Pencarian SJ 182, Tim SAR Gabungan TNI–AL Serahakan Temuan

SHARE
83 views

METRORAKYAT.COM, JAKARTA – Tim SAR Gabungan TNI Angkatan Laut kembali mengirimkan temuan baru dari operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (17/1/2021).

Temuan-temuan itu diserahkan Tim Gabungan SAR TNI–AL kepada Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Asops Pangkoarmada I Kol. Laut (P) I Gung Alit Jaya, S.H., M.Si. yang mewakili Tim Gabungan SAR TNI–AL dalam penyerahan mengatakan, Tim SAR Gabungan TNI–AL pada hari ini menyerahkan temuan berupa Cover CVR dan FDR.

“Selain itu, ada tiga kantong temuan lainnya berupa satu kantong body part, dua kantong serpihan pesawat dan bagian potongan mesin pesawat,” jelas Asops Pangkoarmada I. 
Kemudian, Brigjen TNI Rasman selaku Dirops Basarnas dalam penerimaan itu menyebutkan, benda-benda yang ditemukan itu akan diproses lebih lanjut.

“Selaku Dirops Basarnas dalam penerimaan tersebut menerima obyek pencarian dari Tim Gabungan SAR TNI–AL, selanjutnya kami serah terimakan kepada KNKT dan DVI Polri untuk diproses lebih lanjut,” kata Dirops Basarnas di JICT II, Tanjung Priok, Minggu (17/1/2021) sore.

Menanggapi penyerahan tersebut, Pangkoarmada I mengapresiasi temuan yang dilakukan oleh Tim Gabungan SAR TNI–AL dan menyerahkan hasil kerja keras Tim Gabungan SAR TNI–AL SJ 182 hari ini di lapangan yang digeser oleh KRI Kurau-856, temuan berupa Cover CVR dan FDR, selain Itu ada tiga kantong temuan lainnya berupa satu kantong body part, dua kantong serpihan pesawat dan bagian potongan mesin pesawat.

“Saya mengapresiasi segala bentuk usaha yang telah dilakukan oleh Tim Gabungan SAR TNI–AL di lokasi kejadian, meskipun dengan adanya kendala visibility di area pencarian, seluruh Tim masih berusaha sebaik mungkin guna mendapatkan hasil yang maksimal untuk hari ini,” ungkapnya.

Lanjut Pangkoarmada I, semoga besok Tim Gabungan SAR TNI–AL bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Tetap fokus pada objek pencarian, jenazah tetap yang utama, karena ini menjadi harapan bagi keluarga korban. “Semoga dengan ditemukannya Cover CVR dan FDR akan menjadi petunjuk untuk dapat segera menemukan CVR,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, pada Selasa (12/1/2021) lalu, Flight Data Recorder (FDR) atau bagian kotak hitam pesawat Sriwijaya Sj 182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Sabtu pekan lalu, telah dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan TNI–AL.

Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merupakan bagian lain dari kotak hitam yang menyimpan isi percakapan di cockpit saat ini masih menjadi objek pencarian TIM SAR TNI–AL yang tergabung dalam Tim Gabungan Operasi SAR SJ 182 yang digelar oleh Basarnas. (MR/Siti)  

Breaking News