oleh

Pegiat Seni Budaya Di Toba Bersiap Menyongsong Destinasi Wisata Kaldera Toba

SHARE
182 views

METRORAKYAT.COM, TOBA – Para pegiat seni budaya yang ada di Kabupaten Toba bersiap dan mulai berbenah diri dalam menyongsong era baru. Yaitu era destinasi wisata sekaitan mulainy pembangunan kaldera Toba yang telah masuk dalam daftar Unesco.

Pegiat seni se-Kabupaten Toba berkumpul dan berdiskusi di Toba Tio Cafe Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (13/12). Dari hasil diskusi berencana akan membentuk sebuah forum yang dapat mengapresiasi segala bidang seni yang ada di Toba.

Potensi seni budaya tersebut mulai dari seni musik (termasuk alat musik tradisional), seni tari (tortor) seni bela diri (mossak batak) dan seni ukir dan seni suara.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara sebagai penggagas mengatakan, era wisata di Kabupaten Toba dan seputaran danau toba akan semakin meningkat. Saat ini sedang gencar dalam pembangunan infrastruktur kaldera Toba. Diajak kepada masyarakat agar mendukung program pembangunan infrastruktur destinasi wisata tersebut. “Kita dukung pembangunan infrastruktur destinasi wisata kaldera Toba” kata Jubel.

Sebab itulah butuh persiapan sejak dini bagi para pelaku seni di Kabupaten Toba. Jubel menilai bahwa wisata tidak lepas dari seni budaya. Maka para pelaku wisata sepakat melirik potensi wisata tersebut untuk bersatu padu. Tergabung dalam sebuah forum pegiat seni (Fopsi) Kabupaten Toba.

Dengan harapan kedepan, melalui fopsi ini dapat mengakomodir seluruh kegiatan seni. Bagaimana meningkatkan gairah seni sekaligus melestarikan budaya batak toba. Memang hal ini bukan segampang membalikkan telapak tangan, namun para pegiat seni memiliki keyakinan bahwa dengan kerja keras dan penuh kesabaran suatu saat akan membuahkan hasil. Bukan tidak mungkin suatu saat para pegiat seni akan hidup dan sejahtera dari geliat wisata kaldera toba.

Acara diskusi tampak alot dan semangat, masing-masing pegiat seni menyampaikan uneg-unegnya selama ini. Tentunya pertemuan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak. (MR/LM)

Breaking News