Sebagai Komponen Utama Pertahanan Negara, TNI-AL Gelar Apel Pasukan kesiapsiagaan di Jakarta

SHARE
124 views

METRORAKYAT.COM, JAKARTA – Dalam rangka Apel Gelar Pasukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) tahun 2020, Koarmada I sebagai penyelenggara acara menggelar Apel Kesiapsiagaan TNI-AL dan diterima Kepala Staf Angakatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, SE, M.M., dan dipimpin langsung oleh Danlantamal III Laksma TNI Hermanto, S.E., M.M., di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (23/11/2020).

Kepala Staf Angkatan Laut dalam amanatnya menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan ini memiliki makna yang sangat penting untuk mengukur kesiapsiagaan kesatuan TNI-AL dalam melaksanakan tugas sebagai bagian integral dari TNI yang merupakan komponen utama pertahanan negara.

“Sebagai prajurit yang memiliki naluri yang tajam, kita harus mampu mencermati situasi perkembangan lingkungan strategis yang tengah terjadi saat ini baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, kita mampu memperhitungkan apa yang tengah dan akan terjadi serta dampak apa yang kita hadapi,” ujarnya.

Ia menambahkan, TNI-AL jugat harus tetap memperhitungkan dampak covid-19 yang saat ini terus berlanjut diikuti dengan maraknya berita bohong (hoax) berupa disinformasi dan miss integrasi yang dapat merusak kepercayaan masyarakat kepada pemerintah maupun munculnya kelompok yang dapat memprofokasi yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini semua berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dalam negeri dan menimbulkan situasi yang kurang menguntungkan terutama bagi TNI/ Polri yang memiliki tugas pokok memberikan rasa aman kepada masyarakat Indonesia,” sebutnya.

Untuk itu, lanjut Kepala Staf Angkatan Laut menginstruksikan kepada seluruh Pangkotama, Komandan Satuan dan Komandan Unsur agar bertanggung jawab penuh terhadap seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas.

“Tidak ada satu pun individu atau kelompok yang melaksanakan pergerakan tanpa ada perintah yang jelas dari Komando atas,” tegasnya.

Apel Gelar Pasukan ini diikuti sebanyak 1.500 personel yang terdiri dari 1 Kompi Koarmada I, 1 Kompi Lantamal III, 1 Kompi Kolinlamil, 1 Kompi Gabungan Seskoal dan Pushidrosal, 1 Kompi Marinir, 1 Kompi Pomal, 1 Pleton Denjaka, 1 Pleton Satkopaska.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakasal, Irjenal Kasal, Aspers Kasal, Aslog Kasal, Asrena Kasal, Irops Kasal, Pangkoarmada I, Pangkolinlamil, Danseskoal, Kapushidrosal, Dankormar, Danpuspomal, Danlantamal III, Danpasmar I, Kadisminpersal, Kadisdikal. (MR/Siti)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif