Polres Tapteng Bentuk Kampung Tangguh Inspirasi Menghadapi Pandemi COVID-19

Polres Tapteng Bentuk Kampung Tangguh Inspirasi Menghadapi Pandemi COVID-19
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TAPTENG (PANDAN) – Membentuk 5 Ketangguhan dalam menghadapi masa Pandemi COVID-19, Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) bentuk kampung Tangguh Inspirasi di Kelurahan/Desa.

Pembentukan kampung Tangguh Inspirasi melalui bina Polres Tapteng dan Jajaran terbentuk dari beberapa Bulan yang lalu.

Hal ini di benarkan Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH melalui Kasubbag Humas Polres Tapteng Ipda J. Sinurat, kepada awak media Senin (28/09/20).

Terbentuknya Kampung Tangguh Inspirasi yang sudah berhasil di bina Polres Tapteng terdapat di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, (Pasar Onan Terminal Baru Pandan), Desa Sitio-tio Hilir Kecamatan pandan, Kabupaten Tapteng, Kelurahan Sipange, Kecamatan tukka, Kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, dan Desa Sipan Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepolisian Negara Republik Indonesian khususnya polres Tapteng berharap dengan adanya gerakan Kampung Tangguh inspirasi ini bisa menjadi upaya masyarakat berkolaborasi dengan TNI-Polri dan pemerintah sehingga menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Program pembentukan Kampung Tangguh Inspirasi ini terdapat lima fokus utama yaitu ,

  1. Tangguh Kesehatan
  2. Tangguh Sosial Ekonomi
  3. Tangguh Keamanan
  4. Tangguh Kreativitas
  5. Tangguh Ketahanan Pangan

Dengan adanya kampung tangguh inspirasi ini dan semua elemen masyarakat menerapkan Protokol Kesehatan, pasti Virus Corona COVID-19 akan segera hilang dari Kabupaten Tapanuli Tengah.

Atas program Polres Tapteng dalam pembentukan karakter Kebiasaan Baru menuju kesadaran masyarakat Kapolres Tapteng AKBP Nicolas mengatakan sangat mendukung Program pembentukan Kampung Tangguh Inspirasi yang sudah berhasil di berbagai titik di ruang Lingkup Hukum Polres Tapteng.

Lanjut Paur Humas menambakan, termasuk menjadi Kampung Tangguh Inspirasi tidak segampang membalikkan tangan. Persyaratan menjadi bagian Kampung Tangguh Inspirasi harus pempunyai persyaratan berupa, sudah disediakan tempat mencuci tangan di air yang mengalir, tersedianya lahan pertanian padi, sayur, sudah tersedianya perternakan ayam, sapi, lembu dan ikan dan juga sudah tersedianya pos kambling.

“Program ini akan kita kembangkan. saya akan memerintahkan kepada seluruh Kapolsek sejajaran Polres Tapteng, harus membuat Kampung Tangguh Inspirasi di Wilayah Hukumnya Masing-masing,” tutur Kapolres melalui Paur Humas Polres Tapteng.

Lanjut Kapolres, Kita berharap dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapteng agar selalu menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah, cuci tangan dengan air bersih, menjaga jarak dan jaga kesehatan, kiranya masyarakat kabupaten Tapteng mematuhinya.

Program pembentukan Kampung Tangguh Inspirasi yang langsung di bina TNI- Polri di sambut baik oleh masyarakat Desa dan Kelurahan yang sudah terbentuk.

Antusias dari masyarakat terlihat sesaat pembentukan program tersebut berjalan, dan kini menjadi program terbaik untuk di kembangkan menghadapai dampak Virus Corona yang masih berlangsung (MR/RM).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.