oleh

K3TB Menggelar Prosesi Adat Untuk Mendoakan Pencalonan Petrus Kasihiw dan Matret Kokop Pada Pilkada 2020 Kabupaten Teluk Bintuni

METRORAKYAT.COM, BINTUNI – Kerukunan Keluarga Kei Teluk Bintuni ( K3TB ) menggelar kegiatan Prosesi Adat untuk pengukuhan dan permohonan doa restu kepada Tuhan yang maha esa serta terhadap leluhur atas pencalonan kembali Petrus Kasihiw dan Matret Kokop pada Pilkada 2020 Kabupaten Teluk Bintuni, kegiatan yang digelar di SP 2 Bumi Saniari Distrik Manimeri, sabtu 29/08/2020.

Saat memberikan keterangan pada wawancara kepada media baru – baru ini, Kepala Suku K3TB Stefanus Balubun mengatakan “ dalam hal ini saya sebagai ketua kerukunan masyarakat Kei di Teluk Bintuni, hari ini merupakan momen bersejarah bagi kami keluarga Kei yang ada di Tanah Sisar Matiti, dimana sudah menjadi tradisi ritual adat yang seharusnya baik untuk di Tanah Kei sendiri maupun juga di perantauan,”ujarnya.

Sebagai figur yang dituakan sehingga saya menjabat selaku Kepala Suku Kei di Teluk ini, maka hari ini bukan saja soal ritual adat namun juga hari ini merupakan pengukuhan secara Adat terhadap Putra – Putri Suku Kei terbaik yang ada di Teluk Bintuni, sehingga dimana saja mereka melaksanakan kegiatan perhelatan penting secara khusus bagi kami punya keluarga besar Suku Kei kegiatan ini harus dilakukan. “Sebab ini adalah pesan terhadap para leluhur kami,”sebutnya.

Tambahnya lagi, secara khusus Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tuhan yang maha kuasa serta para leluhur karena hari ini masyarakat Kei yang ada di Teluk Bintuni hadir dalam jumlah yang luar biasa banyak, jelasnya.
Lebih lanjut Stefanus mengatakan makna dari acara ini adalah untuk mempersatukan dan mengikat sebab kami punya semboyan “ kami ada dalam satu rumpun keluarga “, sehingga ini yang terus di pertahankan dimana saja selama ada di Tanah rantau.

“Dan untuk sesepuh kami di masyarakat Kei yakni Bapak Petrus Kasihiw, apapun yang beliau hadapi kami tetap ada apapun yang beliau lakukan kami juga tetap dukung penuh 100 persen, dan hari inilah bukti prosesi adat yang kami lakukan,”pungkasnya. (MR/Azrul)

Breaking News