Ketua DPRD Samosir, Minta Distan Bina, Bantu Peternak Ayam

SHARE
67 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba meminta Kepala Dinas Pertanian (Distan) supaya memberikan bantuan dan melakukan pembinaan terhadap peternak ayam petelor yang ada di Samosir.

Mengingat di masa pandemi Coronavirus (Covid-19) hampir semua pengusaha membutuhkan modal dan pembinaan. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Saut Martua Tamba ketika melakukan peninjauan peternak ayam di Desa Marlum Kec Simanindo Samosir, Sabtu (15/8/2020), katanya, pengusaha didorong untuk menjaga ketahanan pangan (ketapang).

Disisi lain karena Samosir merupakan daerah rentan terhadap kebutuhan pangan.
Peninjauan lokasi peternak ayam adalah milik Waldeman Silalahi, hadir Wakil Ketua Nasib Simbolon dan sejumlah anggota Komisi II didampingi Kabid Peternakan Rosliana Tarigan, Disnaker Koperindag.

Dewan meminta masukan dari Waldeman terkait kendala yang dihadapi untuk kelangsungan usahanya.

Selanjutnya, Waldeman menyampaikan keluhanya yakni sulitnya mendapatkan pakan ternak, kurang modal sebagai tambahan usaha, sulit mendapatkan bibit ayam dan pendistribusian, kurang pembinaan maupun perhatian Distan Samosir.

“Untuk itu kami memerlukan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir apa yang telah disampaikan tadi”, ucap Silalahi.
Saut Martua Tamba, menjawab apa yang disampaikan pengusaha ternak ayam tersebut, yakni akan melalukan koordinasi bersama intansi terkait.

Sementara Kepala Dinas Pertanian lewat Kabid Rosliana Tarigan menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin sesuai anggaran. Dan akan melakukan pembinaan kepada peternak ayam di Samosir. “Tentu ini cukup membantu Pemkab dalam penyediaan telur maupun daging ayam. Artinya tidak perlu lagi mendatangkan dari luar Samosir”, tutup Rosliana.(mr/ JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif