Ketua DPRD Samosir, Apresiasi Pengiriman Sayuran Hasil Petani ke Taiwan

Ketua DPRD Samosir, Apresiasi Pengiriman Sayuran Hasil Petani ke Taiwan
SHARE
66 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Update Ekspor Sayuran hasil petani ke Taiwan sebanyak 16 Ton, mendapat tanggapan serius dari berbagai pihak.
Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba meng-apresiasi hasil pertanian sayuran tersebut.

Hal itu disebut ketika metrorakyat.com meminta tanggap hasil petani sayur binaan Koperasi Samosir Kasih Sinergi (KSK) sebagai gabungan kelompok tani, di seka-sela Pembahasan Anggaran di Hotel Gorat Palipi, Selasa (4/8/2020).
Lanjut Saut, ini kali pertama mengekspor sayuran ke Negara Taiwan, berupa wortel, sayur putih, kol sebanyak 16 ton.

Untuk itu patut diberikan Apresiasi kepada KSKS atas keberhasilan bercocok tanam sayuran.
Hal senada juga di sampaikan Bupati Samosir, mengapresiasi hasil pertanian dari kelompok tani tergabung di wadah KSKS Kantor Cabang Pemasaran Desa Sipira, Kec Onan Runggu,
Pengiriman ekspor sayuran pertanda awal kebangkitan petani Samosir.

“Diharapkan hasil pertanian semakin meningkat sehingga bisa lebih besar di ekspor ke negara lain”, ujar Rapidin.

“Ditencanakan September akan diberangkatkan 4 kontainer. Pemkab tetap mendukung petani, melalui pembinaan dan peralatan”, kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi, Manatar Rumapea menjelaskan, seluruh hasil pertanian merupakan pendampingan Kelompok Tani maupun lainya di Samosir. Sedangkan luas tanah 300 hektar di 7 (tujuh) Kecamatan yang ada di Samosir.

“Ada sebagian negara seperti Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura sudah menerima sampel sayuran semi organik dari Samosir dan diuji laboratorium, namun kuota permintaan belum terpenuhi”, paparnya.

Saut Martua Tamba menambahkan Pemkab harus memperhatikan apa yang diperlukan petani. Disamping itu juga hubungan sinergi bersama Pemkab mengurus ijin organik dan pelatihan bidang pertanian selalu terjaga, tegas Ketua DPRD Samosir.. (mr/ JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif