Program Calistung, Gaya KKN BK Unimal Beraksi Bangkitkan Semangat Anak-anak Talawi

Program Calistung, Gaya KKN BK Unimal Beraksi Bangkitkan Semangat Anak-anak Talawi
SHARE

METRORAKYAT.COM, BATUBARA – Mahasiswa KKN-BK Kelompok 58 Universitas Malikussaleh yang dibimbing oleh Bapak Dr. Ibrahim Chalid, S.SOS., M.Si. dan diketuai oleh Rizka Fahreza (Pendidikan Kimia) melakukan kegiatan calistung untuk anak TK-SD dalam meningkatkan minat siswa untuk terus belajar pada pandemi covid-19

Program Calistung dilakukan dirumah salah satu warga di Desa Pahang dan semua fasilitas dimulai dari tikar, papan tulis, dan infokus juga disediakan. Rumah tersebut adalah rumah Pak Azmi yang terletak di Dusun III Desa Pahang. Sasaran program calistung ini adalah anak-anak di Dusun III Desa Pahang yang berjumlah 17 orang, Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, rabu, (20/05/2020

Kegiatan ini dilakukan pada pagi hari dimulai dari jam 10 wib. Kegiatan dilakukan kurang lebih 1 jam 30 menit. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota kelompok KKN-BK K-58 yaitu Nita (Pendidikan Kimia) dan Muhammad Firdaus Nuzula (Teknik Kimia).

“Sedangkan kegiatan program pembelajaran calistung ini anak-anak di bagi menurut tingkatan kelas nya masing-masing, sehingga seluruh anggota ikut berpartisipasi menyampaikan proses pembelajaran, ” kata Rizka Fahreza, ketua KKN BK Kel 58 Unimal, saat dihubungi awak media, kamis (21/05)

Menurut salah satu masyarakat bernama Azmi, kegiatan ini sangat bermanfaat dilakukan karena akibat pandemi covid-19 seluruh sekolah di Kabupaten Batu Bara diliburkan, sehingga menurun pula minat belajar bagi anak-anak.

Azmi juga berharap kegiatan ini dapat membuat anak-anak menyadari bahwa belajar tidak harus disekolah, namun bisa dilakukan dirumah.

Kegiatan ini akan dilakukan selama 10 hari mulai 11 Mei 2020 sampai dengan 21 Mei 2020 untuk menumbuhkan kembali minat belajar anak-anak dikala pandemi covid-19. Selain itu, tim KKN-BK juga membantu anak-anak yang mempunyai pekerjaan rumah (PR) dari sekolah untuk diselesaikan bersama-sama.

“Masyarakat Desa Pahang menyambut dengan antusias dari kegiatan program calistung yang diadakan di desa tersebut dan mereka berharap kegiatan ini akan menjadi awal kembalinya semangat belajar anak-anak di rumah, ” tandas Rizka selalu ketua kelompok. (MR/Arwan)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif