Kejari Serahkan Usulan Penetapan Nama Ruas Jalan Bener Meriah

Kejari Serahkan Usulan Penetapan Nama Ruas Jalan Bener Meriah
Bagikan

METRORAKYAT.COM, BENER MERIAH – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bener Meriah serahkan usulan penetapan pemberiaan nama–nama ruas jalan di Kabupaten Bener Meriah. 

Usulan penetapan pemberiaan nama-nama ruas jalan di Bener Meriah oleh Kejari Bener Meriah yang dituangkan dalam surat pengusulan penetapan nomor B-365/L.1.30/Cp.1/30/2020, diserahkan langsung Kepala Kejaksaan negeri Bener Meriah Agus Suroto SH MH kepada Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dan tembusan kepada DPRK Bener Meriah yang di terima Ketua Komisi C DPRK Bener Meriah Salwani. 

Penyerahan tersebut berlangsung di ruang kerja Bupati Bener Meriah, yang turut disaksikan oleh Sekda Bener Meriah Drs Haili Yoga M Si, Asisten I Drs Muklis, Asisten II Abdul Muis ST MT, Plt Kepala Dinas PUPR Erwin ST M Si, Kepala Dinas Perhubungan Abdul Gani, Kepala Dinas BKPP Muhammad Jafar SH MH, Sekwan Bener Meriah Ruh Akbar SH, para kasi dan staf Kejari Bener Meriah, Kabag Tapem Karimasnyah, Kabid di PUPR Rahmadani, Kabag Humas Setdakab Bener Meriah.

Kepala Kejari Bener Meriah Agus Suroto SH MH saat dikonfirmasi menyampaikan, pihaknya menyerahkan usulan penetapan pemberian nama-nama ruas jalan di Kabupaten Bener Meriah kepada pemerintah Kabupaten Bener Meriah. 

Menurutnya, pihaknya hanya mengusulkan penetapan nama-nama ruas jalan di daerah ini, secara teknisnya kami menyerahkan kepada Pemda Bener Meriah dan DPRK.

Kepala Kejari Bener Meriah mengusulkan penetapan pemberian nama ruas jalan kepada Pemda setempat Agus Suroto karena tugas dan wewenang kejaksaan selain tindak pidana penuntutan, penyidikan, perdata dan tatausaha negara, juga mempunyai tugas memberikan pendapat atau hak usul kepada Pemkab Bener Meriah, selama usul dan pendapat tersebut membawa kebaikan untuk kemajuan daerah masing-masing. Ujarnya

Dikatakannya lagi, bahwa melihat hal tersebut di atas kabupaten Bener Meriah merupakan Kabupaten yang sangat bisa untuk menjadi kabupaten maju dengan didukung potensi-potensi dimiliki baik dalam hal pariwisata, kuliner, transportasi, dan kopi yang terkenal. namun hal ini haruslah didukung yang salah satunya dengan adanya nama-nama ruas jalan di kabupaten Bener Meriah. 

“Seperti kita lihat bersama di Kabupaten Bener Meriah belum ada nama-nama ruas jalan seperti di kota atau Kabupaten maju yang ada di Indonesia  bahwa berkaitan hal tersebut Kejaksaan negeri Bener Meriah sesuai fungsinya turut menyelenggarakan kegiatan yang mencakup kegiatan-kegiatan bersifat membantu, turut serta dan bekerjasama serta memperhatikan koordinasi dengan instansi terkait khususnya dengan pemerintah daerah kabupaten bener meriah seabgaiaman diatur dalam UU RI nomor 16 tahun 2004 jo peraturan jaksa agung RI nomor 006 tahun 2017 tentang organisasi dan tata kerja kejaksaan Republik Indonesia,” katanya.

Agus Suroto menerangkan,  sehubungan hal tersebut Kejaksaan negeri Bener Meriah memberikan saran atau usulan tentang penetapan nama ruas jalan di Kabupaten Bener Meriah dengan demikian kiranya Bupati Bener Meriah bersama-sama DPRK Bener Meriah dengan mengindahkan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan jo UU RI Nomor 44 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan keistimewaan Provinsi daerah Aceh jo UU RI Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh dapat melakukan perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan, pengundangan, dan penyebarluasan qanun tentang penetapan nama-nama ruas jalan di Kabupaten Bener Meriah.

“Selama ini kebetualan saya juga sering kelilinhg-keliling mengunakan trail dan memang di Bener Meriah belum ada nama-nama jalan,” tandasnya

Sementara itu Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi sangat mengapresiasi usulan yang disampaikan Kejari Bener Meriah itu.

“Sebelumnya ini juga sudah pernah dibincang-bincangkan namun entah mengapa setelah itu tidak ada tindak lanjut. Semoga dengan diingatkan lagi oleh Kejari ini cepat di terbitkan qanunnya,“ ungkap Sarkawi. (MR/RN)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.