PSP Bhakti Kasih Menerima Kunjungan Dari Capacitar International Organization

PSP Bhakti Kasih Menerima Kunjungan Dari Capacitar International Organization
SHARE

METRORAKYAT.COM, Panti Sosial Perlindungan (PSP) Bhakti Kasih mendapat kunjungan dari Capacitar International Organization, Jumat (14/2/2020). Dalam kesempatan tersebut, dilakukan senam bersama dan berbagai meditasi kepada warga binaan.

Kepala PSP Bhakti Kasih, Dikki Syafrin menjelaskan, kunjungan Capacitar International Organization adalah untuk membantu pemulihan trauma yang dialami warga binaan. Selain itu, juga membagikan ilmu mengenai capacitar.

“Mereka ingin membantu pemulihan dalam trauma akibat konflik dan kekerasan, juga bencana alam, juga trauma akibat peristiwa yang dialami sehari-hari. Capasitar juga membantu para warga binaan yang ingin mengatasi stress berkepanjangan dalam kehidupan sehari-harinya dengan konsisten rutin melakukannya pada dua waktu dalam sehari,” terang Dikki Syafrin.

Komunitas internasional tersebut juga mengajarkan kepada pendamping metode lainnya sehingga pendamping dapat membimbing kepada para warga binaan untuk melakukan senam meditasi tersebut.

“Diharapkan teknik tersebut dapat dipraktikan oleh warga binaan dengan pengarahan petugas ASN dan PJLP secara konsisten selama dua kali dalam sehari,” tambah Dikki Syafrin.

Salah satu instruktur volunteer, Mrs.Joan, mengungkapkan pihaknya memberikan pelatihan teknik pernafasan, Tai Chi, serta meditasi Paldangum yang berasal dari zaman Korea kuno.

“Kami memberikan alunan musik lembut dalam meditasi tersebut. Juga dilakukan latihan gerakan tubuh, visualisasi, mendengar aktif dan keterampilan psikoterapeutik sederhana, akupresur untuk mengurangi rasa sakit dan stres, fingerholds atau genggam jari untuk mengelola emosi, teknik mengetuk, pijat tangan dan polaritas dan masih banyak lagi. Tujuannya untuk fokus pada penyembuhan dan pemberdayaan diri sendiri pada warga binaan,” ujarnya. (MR/IS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif