Polres Kukar Gelar FGD Bersama Awak Media di Coffe Comunitas (CC) Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau

Polres Kukar Gelar FGD Bersama Awak Media di Coffe Comunitas (CC) Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau
Bagikan

METRORAKYAT.COM, KUKAR – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama awak media di Coffe Comunitas (CC) Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar). Jum’at (10/1/2020) malam tadi.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Andreas Susanto Nugroho, dengan tema “sinergitas Polres Kutai Kartanegara dan awak media dalam menjaga situasi yang aman damai dan sejuk menjelang Pilkada serentak tahun 2020.”

Menurut AKBP Andreas, media massa dalam demokrasi berperan sebagai ruang publik yang menghadirkan informasi, memberikan gambaran dan lukisan kondisi sosial politik dengan jaminan adanya kebebasan berpendapat.

“Keamanan merupakan faktor utama dalam kegiatan Pilkada 2020. Yang mana Banyak isu-isu negatif, sebab itu peran awak media dalam menyejukkan situasi yang beredar sehingga tidak berkembangnya isu-isu negatif,” papar nya AKBP Andreas.

Peran itu semakin penting setelah munculnya pembaharuan, sehingga dengan adanya sinergitas antara TNI, Polri, Kominfo, awak media maupun masyarakat dalam memberikan informasi positif dengan tujuan mencegah timbulnya berita-berita hoax yang berdampak negatif bagi kehidupan bermasyarakat. Tutupnya Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Andreas Susanto Nugroho.

Hal ini selaras apa yang disampaikan oleh Ketua Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan menyampaikan, berita Hoax ini paling cepat penyebarannya yang mana menginginkan perang atau Chaos yang menimbulkan konflik dalam kehidupan sehari-hari.

Charles berharap, “para pihak terkait lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Sarana penyebaran berita hoax seperti media sosial. Menurutnya media sosial berpotensi menjadi Sarana penyebaran hoax yang harus diwaspadai.”

Untuk ketahui dikegiatan FGD (Focus Group Discussion) ini, turut hadir pula oleh Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria, perwakilan Diskominfo Kukar, Ketua PWI Kukar, dan para pejabat utama Polres Kukar (Kutai Kartanegara). (MR/IS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.