DAERAH OPINI

WISATA DANAU TOBA TIDAK DIKENAL DUNIA

METRORAKYAT.COM, Seiring yang akan berakhirnya Tahun 2019 ini pembangunan Wisata Danau Toba terus dilakukan Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dalam 5 tahun ini mulai kembali membangun Wisata Danau Toba dan di perkuat dengan dibentuknya Badan Pembangunan Otoritas Danau Toba (BPODT) dan Kaldera Danau Toba (KDT) dengan Dana APBN dan APBD yang jumlahnya sangat Fantastis.

Berbagai promosi dilakukan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, salah satu rumus strategi Promosi Kemenpar yaitu Branding,Advertising,Selling (BAS) yang mendatangkan Endorser Pariwisata ,pelaku bisnis Pariwisata dan Media Luar negeri kemudian dibuat strategi Business to Business (B2B) untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Danau Toba.

Segala cara sudah di tempuh namun wisata Danau Toba tidak dikenal dunia sebagai tahun kunjungan wisata Dunia di semua media Luar Negeri baik itu dari wisata Alam,budaya,sejarah dan lain nya.bahkan Wisata Danau Toba kalah tenar dari wisata lainnya yang baru muncul seperti Pulau Gili,Lombok dan Pulau komodo yang dilansir Media terkenal CNTravel.com dan Traveltriangle.com.

Hal ini juga dikatakan oleh seorang wisatawan yang juga pelaku Pariwisata Sofia anderson asal perancis yang beberapah kalinya berkunjung ke Indonesia khususnya ke Danau Toba bahwa Danau Toba sudah lama tidak pernah mendengar Danau Toba sampai sekarang ini,tutur Sahabat Ricardo Hutabarat.

Industri pariwisata adalah industri terbesar di dunia yang mampu menghasil Devisa bagi Negara sehingga membuat semua Negara berlomba-lomba dengan serius membangun Pariwisata Negara nya di semua wilayah.

Promosi wisata Prioritas yang di kembangkan oleh kemenpar harus di lakukan secara.

“Mandatory dan continue” dengan Strategi promosi menjadikan Wisata Prioritas sebagai “Tahun kunjungan Indonesia” misalnya Branding

“Visit Lake Toba Indonesia year 2020″ lalu di ikuti dengan Wisata Prioritas lainnya di tahun berikutnya. jika Strategi Promosi Wisata ini tidak di lakukan maka akan sangat sulit mendobrak industri Pariwisata Indonesia mendatangkan wisman untuk memajukan semua Wisata Prioritas itu di Dunia. namun apakah Kemenpar mampu melakukan ini.jika serius membangun dan menjadikan wisata prioritas tentunya hal ini dengan mudahnya di lakukan,” tutur nya.

Semoga Pariwisata Danau Toba kedepan nya dapat memberikan spirit baru dalam menaikkan ekonomi masyarakat setempat dan pelaku wisata indonesia. Oleh : Ricardo Hutabarat (MR/MARUDUT NABABAN)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com