Wali Kota Hadiri Hisab & Rukhiyat Hilal

METRORAKYAT.COM | MEDAN – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri pelaksanaan hisab dan rukhiyat hilal  di Hotel Grand Swiss-bell Hotel Medan,  Jumat (15/5). Hisab dan rukhiyat hilal ini digelar Pemko Medan dalam rangka memberikan masukan kepada pemerintah pusat dalam sidang isbat guna menentapkan  masuknya 1 Ramadhan 1439 H.

Pelaksanaan hisab dan rukhiyat hilal dilakukan dari lantai 27. Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Al Ahyu MA, hisab dan rikhiyat turut dihadiri Ketua MUI Kota Medan Prof DR M Hatta Ketua Pengadilan Negeri Agama Kota Medan Drs H Misran SH MH,  tokoh agama,  alim ulama serta organisasi Islam seperti Al Wasliyah,  Nahdatul Ulama dan Al Ittihadiyah Kota Medan.

Pemantauan hilal dilakukan mulai pukul 18.00 WIB sampai menjelang maghrib. Berdasarkan pantauan yang dilakukan dengan menggunakan teropong bintang milik BMKG Medan, hilal belum terlihat karena cuaca mendung disertai hujan gerimis. Meski hilal belum terlihat namun hasil hisab dan rukhiyat hilal yang dilakukan akan disampaikan kepada pemerintah pusat dalam sidang isbat yang akan dilakukan hari itu juga usai shalat Maghrib.

” Tentu kita semua berharap juga laporan hasil perhitungan dan pemantauan yang kita laksanakan untuk melihat hilal sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan 1439 H dapat memberikan sumbang saran kepada pemerintah pusat dalam sidanh isbat yang dilakukan malam ini,” kata Wali Kota.

Diungkapkan Wali Kota,  peralatan yang digunakan untuk melihat hilal juga sudah cukup canggih dan mumpuni milik BMKG Kota Medan sehingga mempermudah untuk melihat pergeseran bulan sabit atau hilal.   Dengan demikian mempermudah untuk menentukan awal Ramadhan untuk dimulainya melaksanakan ibadah puasa.

“Insha Allah, kita semua berharap dari pemantauan yang dilakukan serta pemaparan dfari pakarf  akan semakin meyakinkan kita tentang perhitungan yang tepat dan akurat kapan datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H,” harapnya.

Dijelaskan Wali kota, pelaksanaan hisab dan rukhiyat hilal  merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap tahun. Selain menetapkan awal Ramadhan, hisab dan rukhiyat hilal jug dilakukan untuk menetapkan masuknya 1 Syawal. Dalam melakukan hisab dan rukhiyat hilal, jelas Wali kota, Pemko Medan bekerjasama dengan BMKG Kota Medan, termasuk juga dengan pihak UMSU melalui  Obeservatorium Ilmu Falak (OIF).

Selanjutnya, Wali Kota tak lupa mengucapkan selamat berpuasa dan  mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh umat Muslim di Kota Medan. “Semoga puasa dan amal ibadah yang kita laksanakan tahun ini dengan ikhlas di bulan penuh berkah ini dapat diterima oleh Allah SWT,” harapnya. (MR10)

Bagikan :