Tingkatkan Kemampuan Fisik dan Mental, Personel Lanud Soewondo Laksanakan Giat Tes Samapta

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Guna meningkatkan kemampuan fisik dan ketahanan mental, menjelang akhir semester dua tahun 2018, seluruh prsonel Lanud Soewondo baik Militer maupun PNS mengikuti tes kesamamptaan jasmani A dan B yang dilaksanakan di Appron Charlie Lanud Soewondo, Kamis (8/11/18).

Tes semampta ini dilaksanakan secara rutin setiap enam bulan sekali (setiap semester) yang bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik personel Lanud Soewondo, dan hasil tes digunakan sebagai bahan laporan semester, sehingga tes semapta mutlak dilaksanakan oleh seluruh personel Militer maupun PNS.

Tes dilaksanakan oleh anggota Binjas dibantu beberapa anggota rumah sakit Abdul Malik Lanud Soewondo.

Sebelum melaksanakan tes samapta terlebih dahulu diawali dengan chek kesehatan berupa pemeriksaan tensi atau tekanan darah oleh seksi kesehatan.

“Maksud diadakannya tes kesehatan ini adalah untuk mengetahui apakah personel tersebut bisa atau tidak mengikuti tes semapta, dari hasil pemeriksaan, bila didapati anggota memiliki tensi darah yang tinggi maka demi keselamatan serta mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, personel yang dimaksud tidak diperbolehkan mengikuti tes samapta, menunggu hingga kondisinya normal,” ujarnya.

Sambungnya lagi, Setelah selesai pengecekan tensi, sebelum lari dengan jarak tempuh 2.400 meter ini dilaksanakan peregangan atau pemanasan yang dipimpin oleh anggota binjas untuk menghindari cidera. (MR/Suriyanto)

Bagikan :