DAERAH

Sungai Warsamsum Dan Klamono Akan Menjawab Kebutuhan Spam Regional Wilayah Sorong Serta Kawasan KEK

METRORAKYAT.COM, PAPUA BARAT – Rencana pengembangan Air baku untuk menjawab kebutuhan masyarakat, Balai wilaya sungai Papua Barat dan Balai Cipta karya akan bekerja sama membangun pemasok kebutuhan air, kususnya Spam regional di kota sorong dan kabupaten sorong, sumber Airnya akan di fungsikan melalui bendungan yang sudah dibangun BWS di sungai warsamsum. kata Ka Balai wilayah sungai papua barat “Alexander Leda, ST, MT.

Kepada wartawan, Selasa (13/08/2019) Ka Balai menjelaskan, sumber air sungai warsamsum akan menjawab kebutuhan hidup masyarakat kota sorong dan kabupaten sorong, yang nanti ditangani langsung oleh Dinas PUPR provinsi Papua Barat.

“Kami dari balai wilayah sungai tugasnya sudah selesai, yaitu membangun bendung air baku yang jaraknya 12 km (kilo meter),”ucapnya.

Kemudian akan di tindak lanjuti oleh Balai Cipta Karya yang akan membangun instalasi jaringan pipa pengolahan air minum dan nanti ada kerja sama dengan BEULD provinsi  dan PDAM kota /kabupaten sorong.

Pengembangan jaringan transmisi serta distribusi jaringan pipa sampai ke rumah rumah warga di wilayah kota dan kabupaten sorong, jadi Rencana tahap pertama pihak balai cipta karya akan membangun instalasi pengolahan air 300 liter perdetik.”ungkapnya

Ka Balai juga menambahkan, kunjungan kerjanya ke Sorong saat ini, untuk melakukan studi kelayakan sungai klamono, untuk menjawab kebutuhan pemasok  air yang nanti akan di gunakan oleh Kawasan Ekonomi Kusus KEK sorong, rencana kebutuhan air yang akan di butuhkan oleh KEK kabupaten sorong sekitar 600 liter  perdetik, jaraknya 41 km (kilo meter) dari klamono, untuk melayani kebutuhan KEK di kabupaten sorong nanti.

“Sementara ini balai BWS sudah bangun sumur bor di wilayah KEK, kebutuhannya 500 liter perdetik untuk  administrator dan kebutuhan kantor dengan menggunakan pipa transmisi, dan nanti akan ditindak lanjuti oleh Dinas PUPR kabupaten sorong untuk pemasangan jaringan pipa di dalam wilayah KEK kabupaten sorong.”tutup Ka Balai BWS.(mr/Jefri )

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com