BERITA UTAMA PENDIDIKAN PERISTIWA SOSBUD

Di SMA Advent Ada Komunitas Ini. Apa Itu “Pathfinder” ??? Ini Dia Penjelasannya…

MetroRakyat.com  |  MEDAN — Manusia adalah makhluk yang tidak ingin terlepas dari trend, tidak ingin terlepas dari apa yang namanya booming. Inilah yang menjadikan kita sebagai ‘ikan’ yang hanya ingin berenang mengikuti arus karena kita berada dalam jalur ‘aman’ yang biasa diarungi oleh kebanyakan ikan. Kita tidak pernah bisa menjadi seekor salmon yang berani menciptakan jalurnya sendiri. Ia berenang melawan arus. Melawan arah arus ‘zona nyaman’ para ikan. Inilah yang membuatnya menjadi terkenal. Kita adalah pencipta jalur kita. Kita adalah pathfinder.

Foto Parlin Marbun.
Parlindungan Marbun termasuk dalam komunitas Pathfinder di SMA Advent Medan.

 

Di salah satu sekolah yakni SMA Swasta Advent yang beralamat di jalan Air Bersih, Kecamatan Medan Kota, Medan terdapat komunitas yang satu ini. Salah seorang pegiat dengan komunitas ini Parlin Marbun mengatakan bahwa dengan mengikuti Pathfinder adalah  orang yang menemukan sebuah jalan baru dan menjelajahi daerah-daerah tak terjelajahi untuk menemukan jalur yang baru. “Jadilah manusia yang memiliki tekad untuk menerobos batas mainstream dunia dan membuat sesuatu yang tidak konvensional, terkesan tidak normal, tapi justru berdampak positif bagi orang lain. Dengan menjadi seorang pathfinder, kita akan menciptakan rute baru dalam kehidupan kita, yang mampu menggiring kita kepada suatu tempat yang indah, yaitu keberhasilan kita dalam kehidupan”, ungkapnya kepada MetroRakyat.com disela-sela kesibukan Pathfinder disekolah dibawah naungan Yayasan Gereja Masehi Advent Hari Ke Tujuh, Sabtu (28/1/2017).

“Proses itulah yang akan menjadikan kita pribadi yang bersifat pathfinding, rendah hati, tetap sederhana, karena pada proses pathfinding tersebut, kita belajar tentang perjuangan dalam menggapai keberhasilan, tentang rendah hati dalam bagaimana kita menyikapi keberhasilan, dan tentang kesederhanaan dalam menggunakan apa yang kita miliki untuk meraih tempat itu. Dan yang paling penting, jangan pernah lupakan campur tangan Tuhan dalam setiap proses tersebut”, pungkas Parlin.

Foto Yennita ELkha Hutagalung.

Foto Yennita ELkha Hutagalung.

Sekedar diketahui di SMA Advent ini terdiri dari pembina yakni ; Meyliana Situmorang, Samuel Malau, Naomi Simanjuntak, Theofany Sirait, Febriana Hasibuan, Raja Sihombing, Parlin Marbun, Yusuf Sirait, Fernando Malau, Kristina Manullang, Rafika Sinaga, Septiani Simanjuntak, Anne Panjaitan, Mardiana Haloho, Gidion Sagala, Rifka Sirait, Munson Pandiangan, Egha Nainggolan, Lilis Manullang, Fanny Panjaitan.

Arti dari lambang PATHFINDER

Image result for logo pathfinder

Merah (Pengorbanan)

Mengingatkan kita pada Kristus. ” Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal..” (Yohanes 3:16).

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. ” (Roma. 12: 1).

Segitiga

Kesempurnaan dalam trinitas – Bapa, Anak dan Roh kudus.

Standar pendidikan : Fisik Mental dan Rohani.= Emas(Keunggulan)

” maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. ” (wahyu 3:18).

Standar ukuran. Klub pathfinder mempuntyai standar tinggi untuk membantu membangun karakter kuat untuk kerjaan surga.

Perisai (Perlindungan)

Di kitab Injil Tuhan sering disebut perisai Umatnya.(Pelindung) ” Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: “Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar.” ” (Kejadian 15:1) ” dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,.” (Ef. 6:16)

Putih(Kesucian)

“Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.” (wahyu 3:5).Kita rindu untuk memiliki kesucian dan kebenaran Hidup Yesus di kehidupan kita.

Biru (Kesetiaan)

Inilah tujuan klub pathfinder untuk membantu mengajarkan kita untuk setia kepada : Bapa di surga, orang tua kita, Gereja kita.Kesetian didefinisikan sebagai cermin dan permikiran Master Guide sejati.

Pedang (Alkitab)

Pedang dipakai dalam peperangan. Pertempuran selalu dimenangkan karna menyerang. Kita dalam perang melawan dosa dan senjata kita adalah firman Tuhan. Pedang rohani adalah firman Tuhan. (lihat efesus 6:17) . (Peter/MR).

 

Bagikan: