POLITIK

Sering Banjir, Warga Jalan Danau Singkarak Sei Agul Minta Pemko Medan Perbaiki Drainase

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Hujan yang akhir-akhir ini turun tidak menentu membuat resah warga masyarakat yang tinggal di Jalan Danau Singkarak Sei Agul, Kecamatan Medan Barat. Seperti yang terjadi baru-baru ini dimana hujan mengakibatkan banjir yang sampai setinggi satu meter dan memasuki rumah-rumah warga termasuk juga Puskesmas yang ada di daerah tersebut.

Demikian diutarakan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos kepada wartawan ketika menanggapi keluhan warga didaerah pemilihannya Kamis (14/11/19).

Foto : Anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor S.Sos Saat Menerima Warga di kediamannya, Kamis (14/11/19). Metrorakyat.com

” Kita minta agar pemerintah kota Medan melalui Dinas Bina Marga segera memprioritaskan perbaikan drainase di jalan Danau Singkarak Karya Sei Agul kecamatan Medan Barat, sebab sudah tidak dapat lagi untuk ditundak-tunda, masyarakatnya sudah sering terkena banjir, rusak sudah semua peralatan rumah tangga mereka, belum lagi Puskesmas di dekat daerah tersebut, banyak alat-alat kesehatannya yang rusak akibat terendam air akibat banjir,” terang Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Medan tersebut.

Menurut Antonius, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) yang ada di kelurahan dan kecamatan segera harus melakukan normalisasi drainase menunggu adanya tindakan perbaikan besar drainase oleh Dinas PU Kota Medan.

” Kalau menunggu anggaran turun, warga pasti akan semakin tersiksa. Bayangkan, Di jalan Danau Singkarak Gg.Saudara setiap turun hujan deras akan mengalami kebanjiran hingga mencapai 1 meter, akibatnya banyak barang-barang rumah tangga warga rusak, alat-alat kesehatan seperti alat kursi gigi tidak dapat lagi dioperasionalkan karena rusak terendam banjir, dan hal ini sudah berulang kali diberitakan di mass media termasuk sudah dilaporkan ke pihak terkait, namun belum ada realisasinya,” terangnya.

Antonius berharap Dinas PU Kota Medan segera merespon keluhan dan laporan warga jalan Danau Singkarak Sei Agul tersebut.

” Selaku anggota DPRD Kota Medan dari Dapil 1 ini, saya bersama tim dan masyarakat akan terus menggiring permasalahan ini sehinga secepatnya dapat dilakukan perbaikan drainase di daerah ini, sebab, warga tidak mau terus dihantui banjir ketika turun hujan,” tegas Ketua Gerakan Massa Buruh (Gemuruh) Kota Medan ini.

Terpisah, salah seorang warga dari Sei Agul Lingkungan 1 bernama St.J.Hutapea yang merupakan ketua STM dan tokoh masyarakat Bendri Sitinjak didampingi Aldo Sitinjak saat ditanya wartawan yang turun kelokasi mengaku sering harus mengangkat barang-barang mereka ketika turun hujan, sebab banjir yang masuk kerumah mereka tidak bisa diprediksi.

” Kalau turun hujan, terpaksa kami tidak bisa tenang dan harus menjagai barang-barang rumah tangga kami agar tidak basah terendam air,” keluhnya.

Sementara itu, W.Manurung dan Pak Sihotang yang ditemui di lokasi mengaku daerah mereka tinggal yang terletak di Jalan Gaperta Ujung Gg.Beringin dan Jalan Karya Mesjid Gang Tapanuli No 50 C Sei Agul memohon agar pemko Medan segera mengaspal Jalan di tempat mereka karena tidak pernah dilakukan pengaspalan di daerah tersebut.(mr/red)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com