DAERAH

Serba-Serbi Mina Hari ARMUNA, H.Soekirman : Semoga Sergai Menjadi Baldatun Toyibatun Warobbun Ghafur

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Jamaah Haji yang tergabung dalam MES 7, terdiri dari Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Nias pimpinan TPIHI H.Sarifuddin Daulay melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan Imam H.Jairan serta doa H.Sulaiman yang mewarnai suasana maktab 6 grup 2.

Doa yang khusuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta memohon agar Indonesia umumnya wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan khususnya Sergai dapat mencapai ” Baldatun Toyibatun Warobbun Ghafur”.

Hal ini dikatakan Ketua TPHD Sergai Ir.H.Soekirman yang disampaikan kepada Kadis Kominfo Drs.H.Akmal, M.Si melalui WhatsApp langsung dari Mina, Arab Saudi, Senin (12/8/2019) malam.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam doa para jamaah yang khusuk pagi itu juga dipanjatkan doa khusus untuk pembangunan Masjid Agung Sergai agar diberi kemudahan dan dapat selesai sesuai dengan harapan masyarakat.

Sedangkan dalam perjalanan menuju Jamarat, tidak henti-hentinya dibaca takbir dan tahmid.
Suasana semakin ramai karena jamaah daerah lain secara kafilah juga melantunkan takbir dan tahmid.

Selanjutnya sekitar pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS), pelontaran jamarat di tiga pilar berlangsung yakni Ula, Ustha dan Aqobah, masing-masung 7 butir batu krikil yang sudah disiapkan dari maktab.

“Bagi yang sudah selesai masih melempar batu dari titipan teman, kerabat yang tidak sanggup karena alasan fisik dan lansia,” ujarnya.

Selain melakukan serangkaian ibadah yang memang merupakan rukun haji, juga dilaksanakan gerakan simpati dari MES 7 yaitu Gerakan Amal Saleh (GAS).

“Subhanallah, makanan, buah dan minuman berlebih dan selalu ada di maktab.
Sementara jamaah tidak makan berlebihan atau pola hidup sederhana selalu dipraktekkan,” demikian disampaikan Ketua TPHD sergai melalui Kadis Kominfo.(MR/AZMI)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com