DAERAH

Satlantas Polres Nias Berhasil Mengamankan Pelaku Curanmor

METRORAKYAT.COM, GUNUNG SITOLI – Satuan Lalulintas (Sarlantas) Polres Nias berhasil mengamankan pelaku pencurian sepeda motor milik Syamsul Efendi Sikumbang warga Jalan Diponegoro, Lingkungan II, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, Senin (10/12/2018) lalu.

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.Ik., MH saat Jumpa Pers di Mapolres Nias, Kamis (24/1/19) kemarin mengatakan, pengungkapan ranmor ini berawal pada saat Satlantas Polres Nias sedang melaksanakan razia. 

” Satlantas Polres Nias menilang salah satu sepeda motor merk Honda dengan Nomod Polisi BB 5307 TE yang dikendarai Eben Setiawan Harefa (saksi) yang berboncengan dengan ibunya, Karena salah satu diantara mereka tidak pakai helm, saat itu pihak Polantas melakukan penilangan sepeda motor yang mereka kendarai, lalu diamankan di tempat barang bukti tilang di Satlantas Polres Nias. Pada hari Selasa (22/1/19) lalu, salah seorang bernama Yusfan mendatangi Mapolres Nias hendak membayar denda tilang kendaraannya, setiba ditempat barang bukti tilang, terlihat oleh Yusfan kendaraan sepeda motor merk honda dengan Nomod Polisi BB 5307 TE, yang sepengatahuannya adalah milik tetangganya bernama Syamsul Efendi Sikumbang alias Efendi. Kemudian, Yusfan menghubungi Efendi guna memastikan kendaraan tersebut miliknya. Sesampainya Efendi di Satlantas, ia mencoba untuk mencocokkan nomor Rangka dan nomor mesin yang ada didalam BPKB miliknya, setelah sicocokan, Efendi langsung melaporkan kepada personil Polantas yang ada disitu bahwa kendaraan tersebut adalah miliknya,” jelasnya.

Mendapatkan informasi tersebut, Kasat Lantas memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan, pihak Polantas mengetahui bahwa sepeda motor yang dikendarai oleh Eben tersebut dipinjam dari pelaku ranmor berinisial FRZ, yang beralamat di Desa Onozitoli Sifaoro’asi, Kecamatan Gunung Sitoli, Kota Gunungsitoli.

Saat dilakukan penangkapan, FRZ (pelaku) mengakui bahwa dirinya melakukan aksi ranmor sejak Sabtu (8/12/18) lalu, sekitar pukul 20.30 WIb di Jalan Diponegoro, tepatnya didepan toko milik korban. Pelaku dengan mudah melakukan aksinya karena kunci kontak masih menempel pada kendaraan.

” Pelaku (FRZ) bersama barang bukti 1 (satu) unit sepeda motor milik korban BB 5307 TE telah kita amankan di Mapolres Nias,” ujarnya.

Atas perbuatanya, tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHPidana, dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun penjara. Atas kejadian ini, Kapolres menghimbau masyarakat agar tidak lalai meletakan kunci kendaraannya.

” Saya menghimbau agar masyarakat selalu waspada pada kendaraannya, orangtua juga harus selalu melakukan pemantauan kepada anak-anaknya,” pungkasny. (MR/D1)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com