DAERAH

Rumput Gom di Samatiga Sulit Dibersihkan

METRORAKYAT,COM, MEULABOH – Beberapa lokasi areal persawahan di kecamatan Sama tiga, kabupaten Aceh Barat, seperti di lokasi dusun Lamkuta, Gampongblang kelihatan, rumput Gom atau sebutan Batang Gom yang tumbuh berkembang sangat sulit di bersihkan hingga sejumlah lokasi yang penuh Gom tersebut bisa menyebabkan muncul hama kesejumlah tanaman padi yang berdekatan dengan lokasi tumbuhnya batang Gom, seperti hama tikus, burung pipit.

Darwis (40) penduduk dusun Lamkuta pada metrorakyat.com (12/6/19) mengungkapkan sebelumnya batang Gom telah mereka bersihkan dengan mesin puput, namun tumbuh lagi. “Tapi yang kami bersihkan cuma sebahagian yang berdekatan dengan persawahan kami, kini tampaknya tumbuhnya semakin subur, sulit di bersihkan lagi,” sebutnya.

Sementara beberapa masyarakat Gampong Ladang kecamatan Samatiga, juga menyebutkan beberapa tahun yang lalu pembersihan batang Gom pernah dilakukan dalam rangka membuka persawahan baru, dengan sistem di bayar upah kerja. Saat itu semua lokasi di bersihkan tidak tumbuh rumput Gom, sekarang tak ada lagi membuka persawahan baru,” ucapnya. (MR/Muhibbul Jamil).

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com