DAERAH POLITIK

Ratusan Massa  FP3HH Gelar Aksi Damai, Desak DPRD Humbahas Segera Jalankan Hak Angket

METRORAKYAT.COM  |  HUMBAHAS — Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama,pemuda dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) melakukan aksi damai di gedung DPRD Humbang Hasundutan,Rabu (13/9/17). pagi sekira pukul 10.00 WIB.

Aksi ini dilakukan atas dasar kekecewaan masyarakat Humbahas terhadap kinerja Pemerintahan Humbahas  yang ada sekarang ini ,dimana masyarakat  menilai banyak mengalami kemunduran dari Pemerintahan sebelumnya.

Para anggota DPRD Humbahas terlihat menampung aspirasi para pengunjuk rasa (Foto/fdp)

Terlihat diantara peserta aksi hadir beberapa tokoh diantaranya,Pdt Maurids Simamora MTh,(Korwil GKPI),Pdt.Julson Pasaribu MTh (preases HKBP),Pdt.Jandyaman Gultom (Ketua PGI),Pdt.Lamsihar O.Siregar MTh (Preses HKI ),Pdt Doddy Simamora (Gereja Betel),Kampung Journal Sihombing, Albert Manullang ( Tokoh Masyarakat juga Pendiri Humbang),Henry Siahaan (Ketua Garda NASDEM),Saut Tobing (ketua IPK) Humisar Simamora (ketua F.SPTI-KSPSI)Marusaha Lumban Toruan (Ketua KNPI)

Dalam tuntutan, mereka meminta dan mendukung DPRD untuk menggunakan hak angket dalam mengkritisi,dan menyikapi berbagai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Bupati Humbang Hasundutan sekarang ini yang menurut para pengunjuk rasa diduga sarat dengan KKN.

Disamping itu, dalam pernyataan sikap yang disampaikan para pengunjuk rasa mengatakan bahwa Bupati Dosmar Banjarnahor selama ini banyak mengucapkan janji  namun, hingga saat ini tidak dapat ditepati seperti halnya janji beasiswa kepada anak Humbang yang masuk ke 10 Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia sampai sekarang tidak ada realisasinya.

Begitu juga dengan pemberhentian 14 orang TKS kebersihan di RS Umum Doloksanggul  dimana akhirnya pemerintah menggantinya dengan menggandeng salah satu perusahaan jasa untuk menangani kebersihan di Rumah Sakit tersebut.

Tidak sampai disitu,program penanaman Jagung seluas 10 Ha juga terkesan di paksakan sehingga Dinas terkait,Camat Kepala Desa PPL, PPS Desa harus bekerja keras mencari lahan dan membujuk masyarakat untuk membuka lahan baru padahal, Jagung bukanlah Komoditi Unggulan dari Humbahas dan masih ada lagi kebijakan Bupati Humbang Hasundutan yang di nilai sangat melukai hati Rakyat.

Mencermati situasi,kondisi dan dinamika yang berkembang di Pemerintahan Humbang Hasundutan yang saat ini di bawah Kepemimpinan Bupati Dosmar Banjarnahor dan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora,FP3HH mengambil sikap,mengadakan Rapat di Hotel Danau Toba Medan pada tanggal 02/09/2017,merumuskan dan menyepakati beberapa hal antara lain:
1.DPRD kab.HH Mendorong pihak-pihak yang di rugikan akibat terbitnya Surat Keputusan atau kebijakan yang dibuat Bupati Dosmar Banjarnahor untuk melapor ke penegak hukum.
2.DPRD kab.HH Meminta Bupati Dosmar Banjarnahor.SE segera melakujan pembenahan dibidang tertib atministrasi pemerintah demi terlaksananya penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan akuntabel.
3.DPRD Kab.Humbang Hasundutan meminta Bupati Humbang Hasundutan,menciptakan suasana kondusif untuk.mendukung jalannya Program Pembangunan.
4.DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Meminta Bupati Membuat kebijakan yang dapat mendorong ASN bekerja maksimal sesuai dengan Fungsinya seperti:
a.Menempatkan ASN tanpa diskriminasi dan KKN dan jangan ada Transaksional.
b.Penempatan pejabat kebih mengutamakan Putra Putri Humbang sesuai dengan misi otonomi daerah.
c.ASN harus berdomisili di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit Amd didampingi wakil ketua Togu Purba,Marsono Simamora dan jajaran anggota DPRD Humbang Hasundutan menanggapi langsung aksi dan meminta kepada setiap Fraksi untuk memberikan tanggapan atas tuntutan masyarakat agar segera  melaksanakan hak Angket kepada Pemerintah Kabupaten Humbahas.

Menanggapai tuntutan peserta aksi, Marolop Manik (fraksi Golkar),Marsono Simamora(fraksi Nasdem),Jimmy Togu Purba (Fraksi Gerindra),Pantas Simanullang (Fraksi Hanura), Bresman Sianturi (Fraksi Demokrat),Jonser Purba (PAN) ,Timbul Tinambunan (PKB) semuanya menyetujui hak angket untuk dilanjutkan namun, tidak ada anggota DPRD Humbahas dari Fraksi PDIP terlihat hadir diantara mereka.

Sementara itu,seusai aksi, Gandhi Pakpahan Sekretaris FP3HH ketika di sambangi Awak metrorakyat.com Mengatakan rasa terima kasihnyankepada semua pihak karena aksi yang mereka lakukan berjalan aman dengan damai.

“Saya sangat berterimakasih, aksi boleh berjalan dengan baik tanpa ada tindakan anarkis,dan juga aspirasi kita langsung di sambut baik oleh semua Fraksi yang ada di dewan, dan kita berharap apa yang masyarakat mintakan kepada DPRD Humbang Hasundutan dapat segera di laksanakan,”ujar salah satu Pendiri Kabupaten Humbang Hasundutan ini.(MR2/fdp).

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com