KRIMINAL

Rampas Kalung Emas IRT, Seorang Begal di Ringkus Tim Gurita Polres Tanjung Balai

METRORAKYAT.COM, TJ. BALAI – Tim Gurita Satreskrim Polres Tanjung Balai berhasil menangkap seorang pelaku begal yang beraksi merampas kalung emas seorang ibu rumah tangga di Jala. jamin Ginting / Alteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjung Balai.

HK alaias H ( 34 ) yang berprofesi sebagai nelayan, warga Datuk Abdullah, Kelurahan, Tanjung Balai 3, kota Tanjung Balai Utara diringkus usai beraksi merampas kalung emas milik Joris Pakpahan (43) warga Runsunawa, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjung Balai.

Polisi berusaha mencari barang bukti kalung emas milik korban

Kapolres Tanjug Balai, AKBP Putu Yudha Prawira saat dikonfirmasi melalui telepon pada (11/10/2019 ) malam membenarkan kejadian ini.

“Kejadian bermula pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2019 sekira pukul 08.30 WIB, korban bersama dengan anaknya yang bernama Popy Sembiring (19 ) dan Akila ( 4 thn) sedang berada di Pajak Stasiun yang terletak di Jalan Suprapto, Kota Tanjung Balai, dengan maksud hendak menjual gelang emas miliknya di toko mas Milala, setelah berhasil menjual gelang emas, maka korban dan anak-anaknya pergi meninggalkan pajak stasiun dengan mengenderai sepeda motor, waktunya kira- kira pukul 10.00 WIB dengan posisi korban saat itu yang mengemudikan sepeda motor, Akila ditengah sedangkan Popy di belakang. Usai dari pajak stasiun, korban berencana hendak ke BRI Cabang Tanjung Balai dengan melintasi jalan dari pajak stasiun melintasi jalan kampung baru (TPO) lanjut menuju ke jalan Arteri Kota Tanjung Balai, saat sepeda motor yang dikenderai masih berada di jalan simpang arteri tepatnya didekat simpang tekap, tiba-tiba satu orang pengendera sepeda motor merk honda beat warna ungu tanpa plat memepet sepeda motor korban dari sebelah kanan, pengendera yang berjenis kelamin laki-laki kemudian mengambil dengan paksa kalung emas yang dipakai pada leher korban dengan tangan kiri. Pelaku, selanjutnya menendang sepeda motor korban hingga mengakibatkan korban dan anak-anaknya terjatuh ke aspal berikut sepeda motor yang dipakai, pelaku kemudian kabur memacu sepeda motornya ke arah Jalan Jenderal Sudirman, korban sendiri sempat melakukan pengejaran terhadap pelaku namun saat lampu merah simpang arteri tidak lagi melihat posisi dari pelaku,” ucap Kapolres Tj Balai, AKBP Putu Yudha Prawira.

Lanjutnya lagi, akibat dari kejadian tersebut korban kehilangan kalung emas miliknya serta pada bagian tubuhnya ada mengalami luka dikarenakan terjatuh ke aspal setelah pelaku menendang sepeda motor milik korban.

“Dari kejadian itu, maka Team sus Gurita Polres Tanjung Balai melakukan penyelidikan dan dari hasil lidik terungkap identitas pelaku sehingga pada hari jumat tanggal 11 oktober 2019 sekitar pukul 09.30 WIB, Tersangka berhasil di tangkap dari Jalan Datuk Abdullah, Kec.Tanjung Balai Utara, Kota Tanjung Balai saat berada di depan rumahnya. Selanjutnya pelaku di bawa untuk memencari sepeda motor yang digunakan untuk melakukan kejahatan dan juga mencari kalung emas di lokasi, dimana tersangka telah melempar kalung emas tersebut, namun tidak berhasil ditemukan,” ucap Kapolres Tj Balai.

Selain menangkap tersangka, tim Gurita Polres Tanjung Balai juga berhasil mengamankan barang bukti lain berupa :

  • 2 lembar surat pembelian emas dari Toko Mas MILALA.
    -1 potong baju kaos lengan pendek warna hitam.

“Atas kejadian ini, korban ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp.3.100.000 ( tiga juta seratus ribu rupiah ) dan terhadap tersangka dikenakan pasal 365 KUHPidana ayat (1),” pungkas AKBP Putu Yudha Prawira. ( MR/Suriyanto/Red )

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com