Program Inovasi Desa (PID) Upaya Pemerintah Meningkatkan Kapasitas Dan Mengoptimalkan Penggunaan Dana Desa Sesuai UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa

METRORAKYAT.COM, BATUBARA – Bursa Inovasi Desa Kabupaten Batubara resmi dibuka di Pendopo Zahir Jalan Perintis kemerdekaan di Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Limapuluh Batubara, Kamis (8/11/2018).

Acara pembukaan dilakukan oleh Asisten II Perekonomian Setdakab, Renold Asmara SH, mewakili Bupati Batubara, H RM Harry Nugroho SE.

Bupati H RM Harry Nugroho SE, dalam sambutannya yang dibacakan Renold Asmara menyampaikan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam RPJMN 2015/2019.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan mengoptimalkan penggunaan dana desa sesuai UU No 6 tahun 2014 tentang Desa.

PID diselenggarakan oleh Kementerian Desa dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program sebelumnya yang difokuskan pada pendamping desa dalam pelaksanaan Undang-undang Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Moh Nasir mengatakan, Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Batubara, adalah untuk meningkatkan dana desa yang di kucurkan pemerintah pusat ke kabupaten/kota.

Melalui PID diharapkan agar betul-betul dimusyawarahkan bersama BPD, jajaran di desa bersama kecamatan untuk mencapai suatu pembangunan yang efesien dan efektif.
Kegiatan tersebut dihadiri Konsultan Didik Idryanto, para kepala desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Batubara. Di akhir kegiatan, Asisten II dan Kadis PMD Kabupaten Batubara didampingi konsultan mengunjungi stand. (MR/PS)

Bagikan :