BERITA UTAMA NASIONAL PERISTIWA SOSBUD

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Tiba Di Tapanuli Tengah

MetroRakyat.com  |  TAPANULI TENGAH — Presiden Joko Widodo serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba sore tadi di Bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah (Tapteng), Kamis (23/3/2017). Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Tapteng setelah bertolak dari Kepulauan Riau, Batam menggunakan pesawat kepresidenan RJ-85.

Presiden disambut Gubernur Sumut T Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr. H Rycko Amelza Dahniel M.Si dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri serta Bupati Tapanuli Tengah di ruang VIP Bandara FL Tobing, Pinangsori, pada pukul 18.15 WIB. Sementara dalam rombongan Presiden terlihat beberapa Menteri Kabinet Kerja yang mendampingi beliau antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendi, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek serta Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.


Dalam kunjungan kerjanya ke Tapanuli Tengah selama 3 hari yang dijadwalkan, Presiden akan ke Kecamatan Barus Tapteng untuk peninjauan dan peresmian Titik Nol Tugu Islam Indonesia yang sangat ditunggu-tunggu warga masyarakat daerah Barus. Dari Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing , rombongan Presiden RI langsung menuju tempat penginapan dan bermalam di Hotel PIA Pandan. Direncanakan esok hari, Presiden dan rombongan akan menuju Makam Mahligai di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah.

Makam tersebut merupakan makam sahabat nabi yang bernama Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut yang ditahrikhkan pada tahun 34 H sampai 44 H. Barus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.Barus dulunya dikenal sebagai kota emporium dan pusat peradaban pada abad 1 – 17 M, dan disebut juga dengan nama lain, yaitu Fansur. Desa Barus juga merupakan salah satu daerah pelabuhan tertua di Indonesia dan merupakan pintu masuknya penyebaran agama Islam sebelum berkembang di Aceh. Sehingga Barus merupakan titik nol dan awal mula Islam berkembang di Nusantara.

Kecamatan Barus berada di Pantai Barat Sumatera. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Andam Dewi, sebelah Selatan dengan Kecamatan Sosorgadong, sebelah Timur dengan Kecamatan Barus Utara, sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Hindia. Jajaran Polda Sumut sendiri telah melakukan pengamanan maksimum terhadap pengamanan VVIP Presiden dengan melibatkan 1600 personil Polri bersama sama 1400 personil TNI. (MR04/RED/HUM).

Bagikan: