BERITA UTAMA DAERAH SOSBUD

Perayaan Ibadah Natal Nasional di Humbahas Berlangsung Khidmat Dan Aman

MetroRakyat.com  |  HUMBAHAS —  Puncak perayaan Natal Nasional 2016 yang dilaksanakan Komplek Kantor Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, Senin (26/12) kemarin berlangsung khidmat. Perayaan Natal Nasional tersebut dihadiri Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita yang juga Ketua Umum Perayaan Natal Nasional, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, Ketua Pelaksana Natal Nasional Dumoli F Pardede, serta ribuan jemaat kristiani dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Gubernur dalam kesempatan itu mengajak umat kristiani untuk berjuang mengupayakan dan mempertahankan suasana damai, aman dan penuh persaudaraan. Karena suasana damai dan aman adalah modal yang sangat penting dalam membangun dan memajukan kehidupan bangsa, khususnya Sumatera Utara. “Saya percaya perayaan Natal yang kita lakukan pada hari ini bukan hanya sebuah tradisi yang setiap tahunnya harus dilaksanakan, tetapi lebih dari itu, harus ada makna yang bisa dipetik dalam kegiatan spiritual untuk bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Erry. Erry menyebutkan, esensi Natal adalah bagaimana mewujudkan kasih terhadap sesama melalui aktualisasi kesederhanaan dalam semua aspek kehidupan, guna tetap tegaknya NKRI.

Pada kesempatan perayaan Natal Nasional itu, Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, didampingi Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, dan Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan 1.000 sertifikat tanah program strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang tahun 2016. Selain itu, juga dilakukan penyerahan 64 unit hand traktor kepada tiga perwakilan kelompok tani di Humbahas. Pada kesempatan itu, dilaksanakan juga peresmian dan penandatanganan prasasti PLTA PT Energi Sakti Sentosa Pakkat, serta pemberian aksi sosial nasional kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri Dolok Sanggul berupa sajadah, sarung, mukena dan buku Islami.

Luhut Pandjaitan mengatakan, bahwa baru kali ini dalam sejarah Indonesia dilakukan pembagian sertifikat tanah sebanyak dan secepat itu kepada masyarakat. “Presiden Jokowi minggu yang lalu, sudah memerintahkan untuk melakukan pemerataan kepemilikan tanah yaitu 9 juta hektare tanah kepada rakyat. Supaya rakyat juga menikmati pembangunan negeri ini. Baru pertama dalam sejarah Indonesia pembagian sertifikat lebih cepat. Sekarang kami punya mimpi, bahwa sertifikasi tanah ini akan diberikan lebih banyak lagi,” tandasnya.

Sebelumnya Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnarhor, dalam laporannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Humbahas sangat mendukung program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat serta menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945, menjaga stabilitas keamanan, toleransi antar umat beragama dan Bhinneka Tunggal Ika, penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang berkeadilan dalam bingkai NKRI. “Kami telah berupa sekuat tenaga untuk melaksanakan program sesuai dengan program yang telah digariskan Pemerintah. Namun demikian, kami yakin masih banyak kekurangan di berbagai sektor. Untuk itu, kami mohon arahan dan bimbingan dari Pemerintah pusat agar kami dapat meningkatkan kinerja, termasuk dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik demi kemajuan Indonesia,” pungkas Dosmar.(Red/MR).

Bagikan: