DAERAH

Pemkab Sergai Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dan Penggunaan Electronic Data Capture (EDC)

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Sergai menggelar sosialisasi Agen e – Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) dalam Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula objek wisata pantai woong rame Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Senin (15/4/2019).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Sergai Ir.H.Soekirman, Pimpinan Perum Bulog Divre I Medan Marakamin Siregar, Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian, Kadis Sosial Misran, SE beserta jajaran, Kadis Pendidikan Drs.Joni Walker Manik, MM, perwakilan Polres Sergai, Camat Pantai Cermin Drs.H.Benny Saragih, MM beserta Muspika, para petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), serta para agen e – Warong se – Sergai.

Bupati Sergai Ir.H.Soekirman dalam sambutannya mengatakan, salah satu tujuan sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini guna memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial.

Hal ini dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan oleh Presiden Ir.H.Joko Widodo berupa bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai.

Jika dilihat dari sisi penerima manfaatnya, penyaluran BPNT akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung.

Sementara dari sisi pemerintah, penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program guna kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan, jelas Bupati.

Sebelumnya Kadis Sosial Sergai Misran, SE menyampaikan, kegiatan ini diikuti sebanyak 369 peserta terdiri dari Camat, Kades, serta Agen Penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e – Warong atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM.

Dan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).(MR/AZMI)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com