WISATA

Pemkab Samosir Melalui Dinas Pariwisata Samosir Gelar Ultra Marathon

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata Samosir gelar Ultra Marathon. Ratusan peserta Samosir Lake Toba Ultra Marathon 21 september 2019 dari berbagai negara bersiap di belakang garis start yang dimulai dari Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula-mula Samosir, Sabtu (21/9/2019).

Peserta Event yang digelar ke lima kali ini dilepas Oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM sekitar Pukul 05.30 wib.

Pemerintah Kabupaten Samosir terus konsisten menggelar event-event berskala internasional.

Panitia Running Explorer, Nefo Ginting untuk Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2019 mengatakan lari ini dibagi menjadi empat kategori, yakni 5 K, 10 K, 25 K dan 50 K.

Start dan fishing berada di Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir.

Seluruh pelari akan melalui rute sudah ditentukan serta disuguhi dengan pemandangan indah dari Danau Toba. Dan khusus peleri 50 K.mengelilingi pegunungan samosir  yaitu dari sianjur mula mula sampai ke pegunungan menara pandang dan turun ke air terjun efrata sosor dolok sampai ke kota kecamatan harian dan selanjutnya mendaki pegunungan gotting harian . lintasan lari juga cukup memberikan tantangan bagi pelari. Mereka berlari dengan lintasan menanjak dan menurun.

peleri 50 K wanita dimenangkan1 -5 UlTRA MARATON 50Km Wanita
Juara 1 Ina Lydia Utari dari Aceh
Juara 2 : Pesta Rameria simanjuntak dari Pematang Siantar Simalungun
Juara 3 : Indah Wati dari Malaka
Juara 4 : Indah dari Jakarta
Juara 5 : Wong Ai Jing Jaclyn

  Juara 1 Ina lydia utari yang brasal dari Aceh dan Juara 2 : Pesta Rameria br simanjuntak dari kab simalungun “ sangat senang dan terharu saat mencapai garis finish dan disambut oleh Panitia yang ada di sini. Saya dan teman-teman agen lainnya merasa menjadi bagian dari suatu perbuatan baik yang sekaligus bisa memberikan masa depan yang lebih baik untuk mereka,” apalagi sang juara 1 mendapat hadiah uang tunai Rp 10.000.000 & juara 2 mendapat Rp 8.000.000 .

Pelari yang “bertarung” di 50 K memulai lomba lebih dulu, kemudian 3 kategori lainnya menyusul berdasarkan instruksi panitia.

Saat mengikuti perlombaan ini, para peserta tidak hanya sekadar berlari. Mereka disajikan pesona magi Kabupaten Samosir baik alam, kesegaran udara, dan aktivitas kekayaan budaya lokal.

Para pelari bisa menikmati perbukitan yang hijau, jajaran pohon pinus dipinggiran jalan lintas tele  dan beningnya air danau. Even ultra marathon 21 september 2019  tersebut memang menjadi momen yang tepat untuk menarik minat wisatawan. Tak terhitung cara promosi yang sudah dilakukan oleh Pemkab Samosir dan dinas pariwisata samosir  dalam mengenalkan keindahan Pulau Samosir dan Danau Toba. Ajan bergengsi yang mengkolaborasikan olahraga.(mr/BP)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com