DAERAH

Peduli Terhadap Lingkungan dan Sungai PLN Area Medan Berikan Bantuan Perahu Karet Pada Kopasude

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Menjaga kebersihan sungai yang menjadi penopang hajat hidup orang banyak, terutama bagi masyarakat yang hidup di bantaran, tentu menjadi tanggungjawab bagi seluruh lapisan masyakarat.

Untuk itu PT PLN (Persero) Area Medan  turut berperan aktif menjaga lingkungan khususnya Sungai yang ada di kota Medan khususnya.

Sebagai bentuk kepedulian itu pula, Minggu (16/9/2018) jam 7:00 WIB perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu sengaja menggandeng Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude), menggelar kegiatan peduli lingkungan bertema ‘ sampah di sungaiku, hutan di tebang, banjir datang di kotaku’.

Acara yang berlangsung di Jalan Karya bersama kelurahan Gedung Johor kecamatan Medan Johor itu, turut melibatkan warga sekitar.

Selain dihadiri warga setempat, turut hadir pula Kepala dinas kebersihan dan pertamanan kota Medan Muhamad Husni.

Manajer PLN Area Medan Lelan Hasibuan dalam sambutannya menyebutkan bahwa PLN Area Medan mensuport kegiatan kebersihan sungai Deli.

” Kami pada intinya PLN area Medan mensuport kegiatan yang dilakukan para aktivis dan relawan Kopasude ( komunikasi peduli anak dan sungai Deli ) dalam hal melestarikan lingkungan aliran sungai Deli sebagai lokasi terbuka hijau yang berfungsi sebagai hutan kota dan lokasi resapan air agar terhindar dari bahaya banjir.

Untuk itu kami memberikan bantuan berupa perahu karet dan alat keselamatanya beserta alat-alat kebersihan lainya seperti cangkul,garukan dan lain sebagainya,’ ungkap Lelan.

Lanjutnya lagi, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan baik dengan stakeholder dan masyarakat agar lebih baik lagi.untuk itu kami mengajak masyarakat untuk perduli lingkungan dan peduli infrastruktur PLN karena akibat hujan dan banjir seperti tadi malam kami terpaksa mematikan lebih dari 30 gardu.

“Kami juga mengingatkan masyarakat agar berperan aktif dengan melaporkan pada kami bila melihat gelagat yang mencurigakan dari sekelompok orang yang mengaku PLN karena semua petugas kami dilengkapi dengan tanda pengenal dan surat tugas resmi dari PLN,” bilangnya.

Lelan juga mencontohkan seperti kasus pencurian kabel listrik PLN di bawah tanah yang terjadi baru-baru ini di jalan Gatot Subroto, ada orang mencuri dengan memotong kabel listrik milik PLN, akibat hal itu terjadi pemadaman yang cukup lama dan ini jelas merugikan masyarakat dan PLN sendiri.

Dalam kesempatan itu juga kepala dinas kebersihan dan pertamanan kota Medan Muhammad Husni dalam sambutannya juga mengatakan bahwa sungai Deli mempunyai nilai historis sejarah yang sangat berharga sehingga perlu kita jaga dan lestarikan.

” Sungai Deli ini mempunyai nilai historis sejarah yang sangat berharga sehingga perlu kita jaga dan lestarikan keberadaanya.dalam kesempatan ini kami mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama di aliran sungai dan daerah resapan air yang telah ditanami pepohonan.kurang lebih 18 hektare kawasan bantaran sungai yang menjadi hutan kota dan kawasan terbuka hijau dan juga kami akan coba membuka Bank sampah yang dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar bantaran sungai,” pungkas M.Husni.

Disela kegiatan juga diselingi dengan pertujukan teater dari anak-anak binaan Kopasude yang bertemakan kepedulian lingkungan dan diakhir acara dilakukan foto bersama dan penyerahan bantuan perahu karet dari PLN area Medan yang diberikan Lelan Hasibuan kepada ketua Kopasude Adrian SH. (MR/Suriyanto)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com