DAERAH

Nikson Nababan Memohon Ke Gubsu Agar Bangun Infrastuktur Penghubung Garoga-Labuhan Batu

METRORAKYAT.COM, TAPUT– Agar lebih meningkatnya pembangunan Infrastruktur di Tapanuli Utara, Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara sampaikan permohan kepada gubernur agar kiranya Gubernur Sumut bangun infrastruktur Garoga- Labuhan Batu. Hal itu di ucapkan Nikson Nababan saat saat menyampaian kata sambutannya dalam kunjungan kerja Gubsu di Sopo Partungkoan, Tarutung. Rabu (12/6.2019).

,”Bapak Gubernur, ada sekitar 200 kilometer lebih jalan Provinsi yang ada di Taput dan banyak yang dalam keadaan tidak layak. Apalagi sepanjang Tarutung, Sipahutar, Pangaribuan sampai Garoga. Ditambah satu jembatannya sudah hampir rubuh. Kami menyampaikan permohonan agar dilakukan perbaikan. Kami juga mengharapkan, Pemprovsu dapat mengkoneksikan Tapanuli Utara-Labuhan Batu melalui pembangunan infrastruktur jalan penghubung Garoga ke Labuhan Batu,” kata Nikson Nababan.

Nababan menambahkan, salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di bawah kepemimpinannya adalah pembangunan di sektor infrastruktur. Menurutnya, dengan volume jalan yang lebih panjang dibandingkan kabupaten hasil pemekaran dari Taput, Pemkab membutuhkan bantuan dana untuk dapat mengatasi sejumlah perbaikan infrastruktur tersebut.

“Kami mohon, agar Bantuan Keuangan Provinsi Sumatera Utara (BKPSU) untuk Taput ada tahun mendatang dapat ditambah agar kami bisa selesaikan persoalan infrastruktur ini,” katanya.

Selain fokus dalam infrastruktur, Bupati Nikson juga menyampaikan, bahwa Pemkab Taput yang salah satu visinya menjadikan daerah itu sebagai lumbung pangan juga fokus dalam meningkatkan sektor pertanian.

“Tiap tahun Pemkab mendorong menambah luas lahan produktif. Pupuk bayar pasca panen diberikan kepada petani. Alsintan juga. Kami juga siapkan lelang cabe dan menampung anggaran untuk  jaminan harga. Cuma kami ingin ada bantuan cold storage. Apabila harga pertanian turun di pasar, Pemkab dapat menampung dan menyimpannya sementara di cold storage hingga harga di pasar membaik,” ucapnya.

Hal lainnya, Nikson juga menyampaikan permohonan kepada Gubernur agar memperbaiki kesalahan nomenklatur penyerahan aset RSUD Tarutung dari Pemprovsu kepada Pemkab Taput yang penyerahannya dilakukan pada belasan tahun yang lalu.

“Dengan perbaikan surat penyerahan asset itu, maka akan lebih mengesahkan aset RSU Tarutung adalah milik Pemlab Taput dan kami dapat melakukan pengembangan hingga berkelas internasional,” terangnya.

Masyarakat Taput, tambah Nikson, selama ini juga sudah merasakan bantuan ternak dan bibit dari Pemprovsu. Semoga di tahun mendatang, lanjutnya, bantuan itu dapat ditingkatkan dan  sinergitas Pemprovsu dan Pemkab Taput bisa terwujud dalam waktu yang cepat.

“Kami berterimakasih atas kunjungan kerja Bapak Gubernur ke Taput. Sekali lagi kami bangga atas kunjungan bapak ke Taput dan kiranya bisa membantu kami dalam membangun daerah ini. Harapan kami kehadiran bapak, apa yg diusulkan kepada orangtua kami kiranya kami bisa dibantu,” kata Bupati Taput.(MR/MARUDUT NABABAN)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com