DAERAH

Milad GAM Ke-43 Wilayah Langsa Berjalan Khitmad

METRORAKYAT.COM, LANGSA – Peringatan Milad ke-43 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang digelar Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Langsa yang di pusatkan di Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan. Langsa Lama, Kota Langsa Rabu (4 /12/19 ) berlangsung khitmad.

Pantuan MetroRakyat.Com, kegiatan Milad GAM Ke-43 dihadiri para eks kombatan, SKPD Geuchik di wilayah Pemko Langsa dan Masyarakat acara ini dimulai dengan doa serta makan bersama, di lanjutkan pembacaan Amanat Wali Nanggroe oleh Burhansyah, SH yang juga anggota DPRK Langsa.

Ketua KPA Usman Abdullah akrab di sapa Toke ( Seu’um ) sekarang menjabat Walikota Langsa mengatakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita masyarakat Aceh yaitu, kegiatan Milad GAM yang dilaksanakan tiap 4 Desember di setiap tahunnya.

Lanjutnya, di lapangan inilah berakhirnya konflik, khususnya di Kota Langsa. Di mana saat itu terjadinya pemotongan senjata pada 15 Agustus 2005 lalu, dengan ditandatanganinya MoU Helsinki antara Pemerintah Republik Indonesia bersama Gerakan Aceh Merdeka di Negara Filandia.

Usman Abdullah yang akrab disapa ( Toke Seu’um ) mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menjaga dan merawat perdamaian yang telah terwujud ini. “Konflik berkepanjangan menjadi satu sejarah bagi bangsa Aceh untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik kedepan, mari kita bersama-sama merawat perdamaian yang sudah terbina,” imbuhnya.

Sementara Tgk M. Yunus dalam tausiahnya mengajak seluruh undangan untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, seperti halnya yang sudah di nash dalam Al-qur’an. “Rasulullah itu sebaik-baik suri tauladan yang telah ditunjuk oleh Allah SWT,” sebutnya.

Lanjutnya, marilah kita bersyukur dan mempertahankan perjuangan dari kelompok-kelompok yang ingin memecah belah kita selama ini. Dengan ada perjuangan hingga pada perdamaian banyak sekali hikmah yang bisa kita nikmati dan rasakan, dan kini kita telah bersama-sama menikmati hasil perjuangan kita untuk ke 43 kalinya.

Dalam Milad GAM ke-43 turut menyantuni anak yatim piatu sebanya 240 orang dan di ikuti makan kenduri bersama.

Dan acara tersebut mendapatkan keamanan dari Polsek Langsa Timur / Lama yang di Pimpin Langsung Kapolsek Iptu. Imran SE. MH. (MR/DANTON)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com