LSM Suara Masyarakat Sumut (SMS) Gelar Konpress dan Berikan Penghargaan Kepada Rumah Sakit

METRORAKYAT.COM I MEDAN-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Masyarakat Sumut (SMS) gelar konfrensi pers di Hotel Garuda Citra Jalan Sisimangaraja Medan,Senin (16/04/18) pagi.

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaa Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari penasihat,ketua panitia dan perwakilan dari rumah sakit,Jasa Raharja dan BPJS

Ketua panitia,Evi Rahmi Tanjung dalam sambutannya mengatakan acara ini terselenggara berkat kerjasama dari beberapa instansi seperti BPJS kesehatan kota Medan,Rumah Sakit dan beberapa stoke holder lainnya.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh undangan diacara ini dan kami harapkan lewat kegiatan ini,kebersamaan dan kerjasama yang baik antara LSM Masyarakat Umum akan terjalin kedepannya,”katanya.

Sementara itu, Ketua LSM Suara Masyarakat Sumut Ridwan Sianipar mengungkapkan pelayanan-pelayanan baik Rumah Sakit maupun BPJS kesehatan yang masih banyak butuh perbaikan.

“Masih ada pelayanan yang saya lihat masih perlu perbaikan, untuk itulah kita buat kegiatan ini,  agar kerjasama yang baik terjalin antara LSM Suara Masyarakat Sumut,BPJS dan LSM untuk masyarakat khususnya kota Medan,”ujarnya.

Sementara itu,kepala BPJS Medan diwakili Suprianto Kepala Bidang kepesertaan dan pelayanan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan dari BPJS.

Selanjutnya,sebagai perwakilan Rumah Sakit diwakili oleh wakil Direktur RS Imelda dr.Imelda Ritonga menyampaikan permasalahan yang dihadapai rumah sakit khususnya Imelda.

“Biasanya,pasien kita banyak yang tidak memiiliki kartu BPJS,bahkan begitu sakit baru mengurus BPJSnya,dan ini akan menjadi persoalan,selanjutnya, pasien emergency,disini sering kita mengalamai kendala ,terkadang pasien selalu memaksakan untuk rawat inap padahal me urut kami belum memenuhi standard untuk rawat inap,”tuturnya.

Dikatakannya lagi,kendala juga sering terjadi kepada ibu yang mau melahirkan,dirumah sakit Imelda,saya sering menyarankan ibu yang mempunyai bayi dengan beratnya dibawah standard,dan saya harap ini juga bisa kita ambil solusinya,tutupnya sembari mengatakan rasa terima kasihnya karena di undang diacara ini.

Sementara itu,Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat yang juga penasihat LSM Suara Masyarakat Sumut dalam sambutannya lebih menitikberatkan pada masalah sosial dan kesehatan yang ada dimasyarakat.

“Masalah kita adalah prilaku kita kurang peduli dengan kesehatan,termasuk kurang memperhatikan keadaan lingkungan sekitar,pelayanan kesehatan,perbandingan tenaga medis dan pasien,itulah keadaan yang terjadi pada saat ini,”tuturnya.

Ditambahkannya lagi,kehadiran LSM Suara Masyarakat Sumut untuk menjembatani masyarakat dan Rumah Sakit serta BPJS.

“Kenapa bisa terjadi hal ini? karena masyarakat kurang informasi,untuk itulah LSM Suara Masyarakat Sumut hadir untuk menjembatani antara rumah sakit,BPJS,Jasa Raharja dan masyarakat,kita adalah tenaga sosial untuk kebaikan dan melayani masyarakat kedepannya,”tutupnya.

Pada sesi acara terakhir, LSM Suara Masyarakat Sumut memberikan penghargaan sertifikat kepada perwakilan Rumah Sakit,BPJS dan Jasa Raharja.

Dari seluruh rangkaian kegiatan acara ini berlangsung sukses.(MR2/Rosen Sinaga)