DAERAH HUKUM

KPU Nisel Dilaporkan, Beredar Isu Surat Panggilan yang Dilayangkan DKPP Dianggap “Surat Kaleng” Saja

METRO I RAKYAT I NIAS SELATAN-Panwaslih (Panitia Pengawas Pemilihan) Kabupaten Nias Selatan melaporkan temuan kecurangan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Nias Selatan ke DKPP (Dewan Kehormatan Pelanggaran Pemilu) atas perekrutan PPK Kecamatan Siduaori a/n Temazisokhi Ndruru yang sebelumnya tidak lulus seleksi administrasi tetapi tiba – tiba namanya tercantum lulus seleksi tertulis. Sebelumnya, Panwaslih Kabupaten Nias Selatan telah menyurati/merekomendasikan KPU Nias Selatan tertanggal 05 November 2017 agar melakukan perekrutan ulang terhadap calon PPK Kecamatan Siduaori namun sepertinya rekomendasi tersebut tidak dihiraukan oleh KPU Nias selatan.

Belakangan ini beredar lagi isu bahwa laporan Panwaslih Kabupaten Nias Selatan ke DKPP pada tanggal 05 Desember 2017, ada yang anggap bahwa laporan tersebut hanyalah “SURAT KALENG”.

Ketika MetroRakyat.com me gkonfirmasi ketua KPU (Alfian Zenius Dakhi) melalui seluler mengatakan bahwa Komisioner KPU Nisel telah mendapat surat panggilan dari DKPP.

“Mengenai laporan Panwaslih Kabupaten Nias Selatan ke DKPP terkait perekrutan PPK Kecamatan Siduaori, Komosioner KPU Nias selatan telah menerima surat panggilan dari DKPP,” ungkap ketua KPU melalui seluler kepada metrorakyat.com, Senin 04/12/2017.

Masyarakat Nias Selatan berinial BN, KD, RL meminta DKPP untuk menindaklanjuti dan menyelesaikan laporan Panwaslih Kabupaten Nias Selatan terkait dugaan kecurangan KPU Nias Selatan pada kegiatan perekrutan PPK Kecamatan Siduaori bulan lalu.

“Untuk menjaga marwah demokrasi di negri ini kami minta DKPP serius menangani permasalahan ini, supaya wajah demokrasi tidak tercoret,” ungkap BN dkk.

Di samping itu, masyarakat juga Minta DKPP agar memberhentikan dengan tidak terhormat oknum anggota KPU Nias Selatan terkhusus ketua POKJA perekrutan PPK karena mereka sudah beberapa kali mendapat sanksi teguran bahkan ada yg mendapat peringatan keras salah satunya a/n Sumangeli Mendrofa.(MR2/BW/Red)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com