Ketua FPK5 Kota Medan, AP Luat Siahaan: Kepada Para Pedagang Tetap Semangat Walau Tantangan Itu Datang Silih Berganti

METRORAKYAT.COM | MEDAN – Ketua Forum Pedagang Pasar dan Pedagang Kaki Lima (FPK5) Kota Medan, AP.Luat Siahaan kepada wartawan mengatakan kepada seluruh pedagang pasar yang tergabung dalam FPKL, untuk tetap sabar karena situasi dan kondisi kota dan perekonomian negara agak menurun. Senin,(26/2/18)
“Untuk itu, seluruh pedagang yang tergabung di FPK5  tetap semangat walau tantangan itu datang silih berganti, karena para pedagang kaki lima telah membuktikan jati dirinya pada waktu krisis moneter yang berkepanjangan tahun 1997, dimana pada saat itu pedagang kaki lima tidak dapat fasilitas dari pemerintah kepada pedagang. Sementara yang dikelola pemerintah mendapat kredit yang cukup besar sehingga para pedagang yang di fasilitasi oleh pemerintah banyak berhadapan dengan hukum, banyak meninggalkan hutang, dan kredit macet,”ucapnya.
Sementara, lanjut Luat, pedagang kaki lima tetap bertahan memberikan kontribusi kepada pemerintah dengan berdagang di setiap pasar hingga saat ini. Untuk itu para pedagang kaki lima harus menjadi perhatian pemerintah.
“Untuk itu kepada pemerintah untuk memperhatikan PK5 agar pedagang tersebut dapat menjadi soko guru perekonomian bangsa dan negara, karena yang diharapkan para pedagang itu bukan hanya untuk kaya, tapi jugauntuk membantu program pemerintah yaitu membasmi buta huruf,” bilangnya.
Selain untuk memenuhi kebutuhannya, pedagang kaki menyekolahkan anak-anaknya, para PK5 memiliki Motto Anak konhi do hamoraon Diau, yang artinya anakku harus sekolah setinggi-tingginya selama hayat dikandung badan anak itu harus sekolah setinggi-tingginya untuk dapat memimpin negeri ini agar bangsa ini tidak jatuh kepada bangsa lain.
“Masalah narkoba pedagang kaki lima anti narkoba, kepada seluruh pedagang kaki lima, di manapun anda berada agar tetap mengontrol anak-anaknya, jangan sampai terkena narkoba, karena narkoba adalah musuh bangsa Indonesia,” terang Luat.
Untuk itu, mari bersama-sama  mendukung program pemerintah untuk berantas narkoba. Dengan situasi seperti  sekarang  yang memasuki masa tahun politik, kepada para pedagang kaki lima saya menghimbau jangan ada memberikan pernyataan-pernyataan yang berlebihan.
“Forum pedagang pasar kota Medan belum menentukan sikap siapa yang akan dipilih untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur kedepan. Namun begitupun, para pedagang tidak pernah dipaksanakan  untuk memilih siapapun karena kita melihat calon pemimpin di Sumatera Utara haruslah  yang terbaik dan  kita tidak perlu kampanye-kampanye hitam yang bisa menyulitkan kepada masyarakat,” sebut AP Luat.
Di harapkan kepada para pedagang agar selalu membantu aparat kepolisian dalam rangka menciptakan Kamtibmas di kota Medan. ” Kepada pedagang agar selalu memberikan fasilitas bagi pengguna jalan pada pagi hari. Juga memberikan jalan kepada pengguna jalan agar kelancaran  dapat tercapai sehingga tidak menimbulkan kemacetan apa yang diutarakan oleh orang sekarang ini mengatakan pedagang merupakan sumber kemacetan yang benar adalah mobil di Medan sudah terlalu lewat kapasitas sehingga menimbulkan kemacetan di mana-mana. Kalau kita biarkan terus ya kota Medan akan menjadi macet total,” ujarnya.
Luat berharap, kepada Pemko Medan dan seluruh instansi terkait  agar bekerjasama bagaimana cara untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Medan. Kenderaan itu perlu dibatasi agar pengguna jalan dapat melaksanakan aktivitas dengan lancar.
Tambah Luat lagi, FPK5 telah memiliki program yang sudah berjalan selama ini, yakni  seminar pedagang dan mitra kerja bank yang bekerjasama dengan  BRI dan juga OJK maupun Bank Indonesia. Selain itu, FPK5 juga  tetap mengadakan seminar untuk meningkatkan SDM. Motto lain pedagang ada juga yakni ” Pergunakanlah rupiah sehingga Rupiah dapat menjadi tuan rumah didalam negeri sendiri, agar uang kita dapat bertransaksi”,gas Luat.
Adapun program tetap kegiatan FPK5 setiap tahunnya yaitu Seminar pedagang dan mitra kerja Bank dimana dilaksanakan  tiga kali setahun dan sekaligus setiap tahun mengadakan Natal bersama, dan buka puasa bersama.  program Open turnamen catur forum pedagan pasar kota Medan dan Open turnamen catur everything Sumatera Utara yang berhadiah total untuk turnamen Catur Cup Kota Medan total hadiah 25 juta, untuk Open turnamen catur tingkat Sumatera Utara   Total Hadiah Rp. 30 juta,.
Demikian diucapkan oleh Ketua FPK5 Kota Medan, AP Luat Siahaan didampingi,  Hakim Tarigan, Miyako Siregar selaku wakil ketua, sekretaris Siregar , Selaku bendahara FB.(MR10/red)
Bagikan :