TNI MERAKYAT

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M Singgahi Lanud Soewondo Sebelum Terbang menuju Thailand

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Kepala staf Angkata Udara ( Kasau ) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M Singgahi Lanud Soewondo Medan sebelum terbang menuju negara Thailand untuk menghadiri Closing Ceremony Latma Elang Thainesia 2019 di Thailand. Rabu ( 7/8/2019) Jam 10:30 WIB.

Kasau yang didampingi oleh Aspam Kasau Marsda TNI Tamsil Gustari Malik, Asops Kasau Marsda TNI Johannes Berchmans, Pangkoopsau I Marsda TNI Fadzar Prasetyo, Pati Sahli Kasau bidang Polhukam Marsma TNI Sudarmin, Dirum Kodiklatau Marsma TNI Irbanto Avianto, Kadisopslatau Marsma TNI Kusworo, Kadispotrudau Marsma TNI Gandhara Olivenca, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny I. Moningka, Paban III Lat/ Sopsau Kolonel Pnb Danang Setyabudi, Korsmin Kasau Kolonel Pnb Wastum, Pekas Mabesau Letkol Adm Jimmy, Pabungkol Smin Kasau Mayor Pom Sanyoto, Pegasus Smin Kasau Mayor Pas Agus Priyono, Pegasus Smin Kasau Mayor Lek Arya Putra, Dokpri Kasau Kapten Kes dr. Farid, Babunkol Kasau Serka Andi Jastiro, Perisai Kasau Serda Liza Utomo, Serda Susanto. Rombongan tiba di Lanud Soewondo dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis boing A-7307 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Noto C yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan mendaran di Lanud Soewondo pada pukul 10.32 Wib.

Sesampainya Kasau di Lanud Soewondo langsung disambut oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, para asisten kosekhanudnas III, para kepala dinas Lanud Soewondo, Danyonko 469 Paskhas, Dirpam Orbit Polda Sumut, yang selanjutnya bergerak menuju VIP room Discovery Lanud Soewondo untuk transit sebelum terbang kembali menuju Thailand.

Kehadiran Kasau di Thailand adalah untuk menghadiri acara penetupan latihan bersama Elang Thainesia 2019 antara TNI AU dengan Angkatan Udara Thailand. Hal ini merupakan ajang latihan bertahap, bertingkat dan berlanjut yang dimulai dengan latihan secara perseorangan dalam satuan, antar satuan, antar tingkat komando utama ( Kotama ) yang puncaknya adalah latihan Angkasa Yudha.

Salah satu latihan yang dilakukan oleh prajurit TNI AU khususnya Sadron Udara adalah latihan secara bilateral dengan negara lain dan kali ini di laksanakan dengan Royal Thai Air Force ( RTAF ) di pangkalan udara Korat Thailand yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2019 hingga tanggal 9 Agustus 2019.

Para petinggi TNI AU berharap dengan adanya latihan bersama seperti ini dapat meningkatkan kemampuan penerbang tempur TNI AU dengan menggali ilmu dan keterampilan terbang sebanyak-banyaknya dari metode perang yang digunakan negara lain.

Dalam latihan ini TNI AU mengirimkan 5 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron udara 16 Wing udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin dan dua pesawat Hercules C-130 dengan 76 personil. ( MR/Suriyanto/Red )

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com