Kelurahan Sei Agul Masuk Nominasi Perlombaan PAAR Tingkat Sumut

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara melakukan penilaian terhadap Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Senin (5/11). Penilaian itu dilakukan karena TP PKK Kelurahan Sei Agul  masuk nominasi dalam perlombaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kedatangan Tim Evaluasi TP PKK Sumut yang dipimpin Mahreni Asfan Sofyan Batubara selaku Wakil Ketua I TP PKK Sumut diterima Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhayar Nasution MSi, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani  SH dan Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis.

Lokasi penilaian digelar di halaman Masjid Syuhada  Jalan Danau Toba, persis sekitar 50 meter dari Kantor Kelurahan Sei Agul. Wakil Wali Kota berharap kehadiran tim evaluasi dapat memberikan bimbingan sebagai perbaikan terhadap imovasi-inovasi pola asuh  yang telah ada di Kelurahan Sei Agul.

“Mari kita manfaatkan momen kehadiran Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumut sebagai ajang pembelajaran bagi kita semua dalam mengembangkan pola asuh anak dan remaja. Semoga Kelurahan Sei Agul lebih baik lagi dalam mengembangkan pola asuh anak dan remaja ke depannya,” kata Wakil Wali Kota.

Dihadapan Kadis P3A&PM Dammikrot,  unsur Muspika Kecamatan Medan Barat, Camat Medan Barat Rudi Faisal, Ketua Karang Taruna Kota Medan M Akhiruddin Nasution, tokoh agama, tokoh masyarakat, lurah dan kepling yang menghadiri acara evaluasi tersebut, Wakil Wali Kota selanjutnya mengatakan,  selama ini program PKK Kota Medan sangat  banyak mendorong program-program pembangunan  yang berbasis partisipasi.

“Kita melihat program pokok  PKK yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK pada umumnya mencerminkan pembangunan yang berbasis masyarakat. Hal ini selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan kota yang tengah dijalankan pada saat ini. Di samping itu peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan harus lebih ditingkatkan sehingga rewujud kualitas pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”  ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya  mengingatkan, tantangan yang dihadapi pada era  globalisasi sangat besar. Oleh karenanya gerakan PKK dituntut untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru dalam menerima arus globalisasi tersebut.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH berharap agar Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumut  dapat melaksanakan evaluasi maupun penilaian sesuai dengan kriteria maupun instrumen-instrumen penilaian yang ditetapkan. Di samping itu juga dapat memberikan informasi dengan tepat dan jelas, sehingga Kelurahan Sei Agul dapat meningkatkan potensinya, khususnya di bidang pola asuh anak dan remaja.

“Inovasi-inovasi dalam hal mengasuh anak dan remaja juga merupakan fokus TP PKK sehingga PKK memasukkan kegiatan pola asuh anak dan remaja sebagai program kerjanya.  Semoga dengan kedatangan TP PKK Provinsi Sumut  dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan dalam pelaksanaan program pola asuh anak dan remaja di Kelurahan Sei Agul,” harapnya.

Sedangkan Mahreni Asfan Sofyan Batubara selaku pimpinan Tim Evaluasi Ketua TP PKK Provinsi Sumut menjelaskan, tujuan dari evaluasi ini dilakukan untuk mencari juara pertama yang nantinya akan mewakili Provinsi Sumut di tingkat nasional. Kemudian dia mengucapkan selamat kepada Kelurahan Sei Agul karena sudah masuk dalam tahap nominasi. “ “ Saya berharap tim evaluasi dapat melakukan penilaian sesuai indikator yang berlaku,”  jelas Mahreni.

Sebelumnya di tempat terpisah Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH juga menerima kunjungan Ketua Tim Evaluasi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di di Aula kantor Camat Medan Baru. Kunjungan tim yang diketuai Teja Syafruddin ini bertujuan untuk melakukan peniliaian terhadap pelaksanaan IVA Test di Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru.

Dikatakan Akhyar, program pelaksanaan IVA Test ini mengandung nilai positif yakni untuk mencegah kaum wanita terjangkit penyakit ini. Pasalnya, menurut Wakil Wali Kota, kaum wanita terkadang tidak menyadari akan bahayanya penyakit Kanker Serviks ini.

“Untuk itu, saya meminta kepada TP. PKK Kelurahan Babura dan juga TP. PKK Kota Medan secara keseluruhan agar berkonsentrasi terhadap pelaksanaan program ini. Lakukan monitoring secara mandiri dan intensif agar program ini dapat terukur tingkat keberhasilannya,” kata Akhyar.

Jika program IVA test ini dapat terlaksana dengan baik, ungkap Akhyar,  tentunya semakin banyak kaum wanita yang terselamatkan dari terjangkitnya penyakit Kanker Serviks. Selain itu, tambah Wakil Wali Kota, jika penerapan pada TP. PKK Kelurahan Babura ini berlangsung baik maka dapat diikutkan pada perlombaan IVA test ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Sementara itu menurut Ketua TP PKK Kota Medan  Hj  Rita Maharani SH mengucapkan selamat datang kepada Tim TP PKK Sumut. Rita juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas komitmen Provsu yang ingin memajukan Medan melalui gerakan TP PKK. Rita berharap, kegiatan evaluasi ini dapat memberikan masukan kepada TP PKK Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, agar lebih baik lagi ke depan, dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga.

Pada bagian lain, Rita mengemukakan, IVA Test termasuk Lomba PKK yang dilaksanakan sampai ke tingkat pusat, karena pada hakikatnya PKK sangat menaruh perhatian terhadap kesehatan kaum wanita, khususnya yang menyangkut kanker leher rahim atau kanker serviks. “Kita selaku pengurus dan kader PKK haruslah sadar bahwa fungsi kita untuk mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan kanker serviks benar-benar dilaksanakan dengan baik,” sebutnya. (MR10/red)

Bagikan :