DAERAH

Heboh ! Sejumlah Mahasiswa ini Terpaksa Golput, Simak alasannya !!!

METRORAKYAT.COM, LHOKSEUMAWE – Hari yang dinanti diebagai pesta demokrasi rakyat ternyata turut di sertai kekecewaan. Pasalnya, ada diantara mahasiswa Universitas Malikussaleh tidak dapat mengggunakan Hak pilih dengan Dalih “tak punya surat A5”.

Menurut informasi yang di input Wartawan MetroRakyat.Com, hal itu terjadi di Desa Padang Sakti, Kec.Muara satu kota Lhokseumawe, Rabu (17/04/2019). Mereka kecewa tidak bisa menggunakan hak suara nya.

“Tadi kami ke TPS 5, dan di oper ke TPST 6, dan selanjutnya disuruh lagi ke TPS 1 dan 2 daerah meunasah Padang Sakti, dan tetap saja tidak bisa kami memilih,”ungkap Riski Pardinta Brutu dengan nada kecewa, Sekira Pukul 12.46 WIB.

Alasan tidak dapat memilih karena mereka tidak mempunyai surat pindah memilih A5.

“Kami kira bisa memilih tanpa A5, dan mengggunakan e-KTP saja,dan nyatanya tak bisa, kita merujuk ke Putusan MK No.20. tahun 2019 itu loh,” katanya lagi mewakili temannya.

Namun saat dikonfirmasi ke PPS setempat, mereka pun merasa bingung akan hal ini.
“Iya maunya sebelum hari H, kalian datang ke KIP dek, dan kita pun gak bisa katakan mutlak gak bisa kalian memilih, cuman kendala kita Surat sisa itu cuman 2% itupun untuk Daftar pemilih Tambahan dek,” kata Salah Seorang PPS Meunasah Gampong Padang Sakti.

Dan ia pun menghubungi atasannya, dan kemudian menunjukkan bukti percakapan WhatsApp.

“Ini dek, tetap saja tak bisa tanpa A5 dek,jadi mau gimana lagi lah dek, coba baca lebih lanjut tentang putusan MK itu, disana diterangkan Boleh hanya E KTP saja atau Suket tapi khusus untuk warga setempat dek,” katanya lagi pada Sejumlah mahasiswa Unimal yang hadir di TPS itu.

Dan Mereka pun tetap menyayangkan hendaknya kemarin se usai putusan MK, KIP Lhokseumawe gelar sosialisasi, dan memberikan pemahaman pada Masyarakat akan hal itu.

Di akhir percakapan, mereka Pasrah dan berdoa saja akan hal ini.

“Yaudah lah kita berdoa saja, insya Allah Yang kita dukung berhasil,” tutup Mahasiswa itu, dengan wajah Lesuh. (MR/AR).

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com