POLITIK

Hebat, 10 Caleg Perempuan Karo Melenggang ke DPRD Karo

METRORAKYAT.COM, TANAH KARO – Bukan masalah aku perempuan atau kamu laki-laki. Dihadapan Tuhan kita sama”. Penggalan puisi yang ditulis Raden Ajeng Kartini, pahlawan wanita yang menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia saat ini dan masa datang.

Ini buktinya, sebanyak 10 orang calon legislatif perempuan yang berhasil duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten Karo periode 2019-2024. Kesepuluh caleg perempuan itu didominasi PDIP yakni Purnama Monicilia Mas Tua Br Sagala (Dapil 1), Iriani Br. Tarigan (Dapil 3), Dra. Lusia Br Sukatendel (Dapil 4), Pujiati (Dapil 5).

Disusul dari Partai Nasdem yaitu Rehulina Br. Tarigan (Dapil 1), Diana Malonda Matondang (Dapil 3). Selanjutnya dari Partai Demokrat yakni kakak-adik Nora Else Br. Surbakti (Dapil 5) dan Leny Puri Chlefes Br. Surbakti (Dapil 4). Sedangkan dari Partai Gerindra Inolia Br. Ginting (Dapil 4) dan Partai Hanura Herty Delima Purba (Dapil 5). Kesepuluh caleg perempuan ini merupakan 5 orang pendatang atau wajah baru yang kali pertama mengikuti konstestasi pemilu. Mereka berharap dapat mewujudkan mimpi Indonesia khususnya Tanah Karo yang damai, sejahtera dan lebih maju.

“Sebenarnya peranan secara umum sebagai anggota dewan sama saja, tidak ada perbedaan laki-laki maupun perempuan. Sama-sama memperjuangkan masyarakat secara umum untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya warga lingkar Sinabung,”ujar Rehulina Br. Tarigan disela-sela usai rapat pleno penetapan kursi dan caleg periode 2019-2024, Senin (22/7/2019) di hotel Sinabung Hill.

Meskipun begitu, lebih lanjut dikatakan Rehulina yang akrab disapa Mama Ocha nama putri semata wayangnya tentu ada hal khusus yang akan diperjuangkan sebagai legislator perempuan. Meskipun baru pertama kali terjun ke dunia politik, berkompetisi dan terpilih melenggang ke gedung wakil rakyat Karo. Ia akan berusaha sebaik mungkin bisa berperan menjadi mitra laki-laki dalam membangun Tanah Karo. Juga menjadi bagian dari pencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada di Tanah Karo.

“Mulai dari ekonomi, pertanian, pariwisata, sosial budaya, keluarga dan politik. Sebagai perempuan, tentu kami yang ada 10 orang wanita memiliki peranan dan kesempatan untuk menyuarakan kepentingan kaum perempuan. Ada banyak yang perlu kita perjuangkan saat ini. Sudah saatnya perempuan Karo harus unjuk gigi disegala bidang,”bebernya.

Sementara, kakak-adik yakni Nora Else Br. Surbakti dan Leny Puri Chlefes Br. Surbakti dari Partai Demokrat yang terpilih melenggang ke gedung wakil rakyat Karo merupakan putri mantan Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Karo.

Mereka berbeda daerah pemilihan (Dapil), Nora Else Br. Surbakti (wajah lama) berada pada Dapil 5 meliputi Kecamatan berastagi, Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka dan meraih suara sebanyak 3230. Ini kedua kalinya Nora maju sebagai caleg dengan Dapil dan Partai yang sama.

Pada periode 2014 lalu, Ia meraih suara terbanyak di dapilnya dan memiliki 6 kursi di DPRD Karo. Sehingga bisa menduduki jabatan sebagai Ketua. Sedangkan adiknya Leny Puri Chlefes Br. Surbakti berada di dapil 4 meliputi Kecamatan tiganderket, Payung, Kutabuluh, namanteran dan Kecamatan Munte dengan meraih suara 3405. (MR/Anita)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com