POLITIK

Fraksi Grindra DPRD Kota Medan Kunjungi dan Beri Bantuan Bagi Warga Korban Kebakaran di Jalan Sentosa Lama

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Rombongan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan bersama Plt.Wakil Ketua DPRD Kota Medan yang juga dari Partai Gerindra, H.Ihwan Ritonga, SE., MM mengunjungi warga korban kebakaran di Jalan Sentosa Lama Kelurahan Sei Kera Hulu Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (23/10/2019). Kehadiran Fraksi Gerindra DPRD Kota Medan ini disambut senang oleh warga lingkungan 21, korban kebakaran yang terjadi pada Senin sore sekira Jam 17.00 WIB.

Plt.Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H.Ihwan Ritonga, SE., MM, Edy Eka Suranta S.Meliala (Diko) didampingi oleh Dame Duma Sari Hutagalung, SE, (Bendahara Fraksi), Sahat Simbolon, Hj.Netty br.Siregar, Siti Suciati, Dedy Aksyari Nasution, Mulia Syahputra Nst, Edy Eka Suranta S.Meliala, beserta staf. 

Satu persatu wakil rakyat ini mengamati puing-puing bangunan sisa-sisa kebakaran, ditemani kepala lingkungan 21 dan Lurah Sei Kera Hulu, Mustofa. Ihwan Ritonga bersama rombongan berhenti diantara rumah-rumah sisa kebakaran sambil menyalami warga korban kebakaran yang menurut informasi seluruh harta benda warga Lingkungan 21 tersebut habis terbakar, hanya sisa baju di badan masing-masing.

” Kami atas nama fraksi Gerindra DPRD Kota Medan turut prihatin atas musibah yang terjadi terhadap Bapak dan Ibu sekalian yang juga saudara-saudara kami. Kami mendengar bahwa lingkungan ini menjadi korban kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu, dan saat ini Kehadiran kami dari fraksi Gerindra ingin memberikan dukungan moral dan moril agar Bapak, Ibu dan saudara sekalian dapat tabah dan tetap kuat menghadapi musibah ini,” sebut Ihwan.

Ihwan mengatakan bahwa kepedulian fraksi Gerindra terhadap masalah sosial dan kemanusiaan menjadi skala prioritas untuk saat ini, dimana selaku sesama mahluk ciptaan Tuhan sudah seharusnya saling memberi dan membantu satu dengan yang lain.

” Ini ada berupa bantuan dari kami, Fraksi Gerindra Kota Medan, berupa beras dan mie instan, semoga bermanfaat untuk meringankan beban kebutuhan sehari-hari menunggu bantuan lainnya dari orang-orang yang peduli terhadap musibah ini,” ucap Ihwan.

Sementara itu, Dame Duma Sari Hutagalung, SE yang merupakan Bendahar Fraksi Gerindra DPRD Kota Medan mengatakan jumlah beras 5 kilo yang mereka berikan sebanyak 35 karung ditambah 26 kotak mie instan.

Amatan wartawan di lokasi, satu persatu anggota DPRD Kota Medan dari fraksi Gerindra ini memberikan bantuan kepada warga secara simbolis didampingi Kepala Lingkungan dan Lurah Sei Kera Hulu.

Kepada wartawan, Ihwan Ritonga menjelaskan kunjungan mereka (fraksi Gerindra) DPRD Kota Medan kelokasi korban kebakaran di Jalan Sentosa Lama tersebut karena merasa tergerak dan turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa warga.  ” Kami berharap bantuan yang tadi kami berikan dapat bermanfaat bagi warga. Tadi kami sudah berkeliling melihat rumah-rumah warga yang menjadi korban kebakaran, dan tidak ada yang tersisa hanya tinggal puing-puingnya saja, dan memang ada juga bantuan yang sudah datang dari masyarakat dan darilembaga lain, semoga semua itu dapat membantu para korban kebakaran,” terangnya.

Sementara, Lurah Sei Kera Hulu, Mustofa kepada wartawan mengatakan sangat berterimakasih atas kepedulian dari fraksi Gerindra DPRD Kota Medan yang meluangkan waktu datang melihat dan membantu korban kebakaran yang terjadi di wilayahnya. 

Mustofa menjelaskan, ada sebanyak 49 Kepala Keluarga (KK), 39 rumah dan 196 warganya yang menjadi korban akibat kebakaran tersebut.

” Kalau sebab dan akibatnya, kami tidak tahu api berasal dari mana, namun saat itu sesuai keterangan kepling dan warga, sekitar jam 5 sore, api tiba-tiba sudah membesar membakar dua rumah warga dan karena angin kencang saat itu, akhirnya merambat dan membakar rumah-rumah lainnya, sebab kondisi rumah di daerah tersebut rapat-rapat, dan tidak ada korban jiwa “kata Lurah didampingi Kepling dan warga setempat.

Sementara itu, Nurbaini (60) warga setempat yang di wawancarai wartawan mengaku troma atas kejadian kebakaran yang menimpa dirinya dan tetangga lainnya. Nurbaini yang sehari-hari berjualan nasi goreng malam di depan Gang dekat rumahnya mengaku tidak menyangka saat itu api membakar seluruh rumah di gang tempat dia tinggal dan menghabiskan semua rumah beserta isinya saat itu. 

” Gak tau lagi lah bang, mau bilang apa, semua barang-barang saya habis terbakar, saya tidak tahu asal api awalnya dari mana, yang saya dengar dan lihat api sudah membesar dari rumah tetangga dan menjalar membakar rumah kami juga dengan cepat, karena saat itu angin kencang dan kami hanya bisa mengeluarkan barang-barang yang bisa kami keluarkan,” ungkapnya.

Ibu tiga anak ini berharap pemerintah Kota Medan dapat memberikan bantuan bagi mereka dalam bentuk materi alat-alat bahan bangunan seperti semen, seng, kayu, triplek dan seng agar mereka dapat kembali memperbaiki rumah mereka yang sudah 90 persen hangus terbakar.(MR/red) 

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com