DAERAH

Excavator Milik SG Group di Tuding Rusak Jalan Cor Beton

METRORAKYAT.COM, LABURA – Sejumlah warga kecamatan Kualuh Leidong Labura khususnya warga simpang 3 kelurahan Tanjung Leidong merasa kesal atas alat berat jenis eksavator Milik SG Group melakukan rolin di jalan umum persisnya di jalan lintas Simpang Tiga menuju desa Simandulang baru baru ini .

“Tingkat keberatan Tonase Excavator mencapai lebih kurang 20 ton tidak layak melewati jalan kelas 3 A  dimana maksimal hanya boleh di lewati 8 ton,” ungkap heri subekti salah satu organisasi masyarakat Laskar Harimau Sumatera Labura pada wartawan Minggu (26/5/2019).

Akibatnya, dengan berat yang sangat bertolak belakang ,jalan umum mengalami kerusakan dalam arti pecah pecah di bagian pinggir beton.

Lanjut Heri, perusahaan SG Group seharusnya mengerti, jalan umum jenis cor semen tidak layak untuk di lewati oleh alat berat yang kapasitas tonase nya dua kali lipat lebih berat dari daya tampung jalan semen tersebut.

“Pemerintah sudah dengan susah payah menghabiskan dana milliaran untuk jalan tersebut, jangan seenaknya pihak pengusaha menghancurkannya,” terang Heri.

Amri Nasution tokoh pemuda Kualuh Leidong mengatakan dengan tegas, yang namanya jalan semen tidak layak untuk di lewati alat berat jenis excavator. “Apa pun ceritanya,  jelas ini pihak pengusaha bisa di tuntut merusak fasilitas jalan umum milik pemerintah,” terangnya.

Sementara dari perwakilan pihak pengusaha Akiat saat di konfirmasi wartawan melalui via Hand Phone mengatakan, bahwa beko tidak salah, namun kualitas pekerjaan dan pemborongnya yang disalahkan.

Disisi lain Kepala dinas  Pekerjaan Umum kabupaten Labuhanbatu Utara Edwin ST  saat di konfirmasi terkait hal ini, mengatakan itu jalan Semen kelas 3A yang kapasitas daya tahan hanya maksimal 8 tone, lebih dari itu gak tidak di perbolehkan.

“Intinya, jalan semen tidak boleh di lewati roda besi, permukaan nya bakal hancur, kalau kelebihan tonase, bagian dalam cor akan retak dan patah, lama kelamaan akan hancur,”kata Kadis (MR/Amri)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com