DAERAH

EMPAT KAPAL MOTOR TRAWR YANG DIAMANKAN,HANYA MENDAPAT PEMBINAAN DARI DKP

METRORAKYAT.COM, BANGKA BELITUNG – penangkapan empat kapal motor(KM) yang menggunakan pukat trawr diperairan laut toboali hanya mendapat pembinaan dari syahbandar dan dinas kalautan

Empat kapal trawl yang berhasil diamankan opsnal polair polda Bangka belitung langsung diserahkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Provinsi Bangka belitung untuk mendapat pembinaan

Dasninto selaku kepala Dinas DKP,dalam pers rilis,kamis 11/07/2019 didepan awak media menjelaskan, kalau kita sudah menerima berkas dari pihak opsnal polair polda dan pelaku yang melanggar kita lakukan penindakan berupa pembinaan dan untuk alat kerja berupa pukat trawr kita sita.

“Untuk saat ini berkas yang kami terima ada 4 kapal trawl yang berhasil di amankan oleh tim gabungan Dit Polair Polda Babel yakni KM Mawar, KM Alden dan dua kapal lainnya tanpa nama, ” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, hasil pemeriksaan yang di lakukan pihak kepolisian adalah, Kapten dan ABK kapal Trawl tidak dilakukan penahanan, hanya sanksi pembinaan saja, karena itu masih termasuk kategori nelayan kecil, dan selanjutnya untuk mengenai kapalnya kami serahkan pada mereka, karena mengingat kapal itu merupakan alat mata pencarian Nelayan tersebut .

Sementara itu, Ipda Yudi Lasmono, Panit Gakkum Sidik Polair Polda Babel mengatakan, Bahwa biasanya Kapal Trawl tersebut beroperasi di wilayah Pulau Dapur, Selat Bangka, dan Perairan Selat Bangka Selatan Toboali.

“Hasil dari pemeriksaan kami lakukan mereka beroperasi ada yang tiga bulan bahkan satu tahun, kemudian untuk hasil tangkap ikannya tidak menentu, ” ungkapnya.

Lanjut Yudi, dalam hal ini alat tangkap yang mereka gunakan itu tidak di perbolehkan karena sudah melanggar dan dilarang dari ketentuan yang berlaku, namun karena kapal yang mereka gunakan ini masih di bawah 10 Gross tonnage ( GT ), sehingga kami kategorikan nelayan kecil.

“Berdasarkan keterangan dari pelaku mereka mendapatkan dan membeli trawl-trawl tersebut dari luar yakni Lampung dan Riau, ” tutupnya.(MR/herman)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com