POLITIK

Edward Hutabarat : Pemerintah Berhak Menyediakan Tempat Sampah Sesuai perda No.6 Tahun 2015

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Edward Hutabarat Sosialisasikan Perda Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Bilal, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Senin (11/03/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Pada kesempatan ini, anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini kepada masyarakat mengatakan bahwa, pemerintah berhak menyediakan tempat sampah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tersebut. 

“Dalam pasal 6 huruf D disitu sudah jelas tertulis bahwa, pemerintah melaksanakan pengelolaan persampahan dan memfasilitasi penyediaan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan. Dalam pasal 6 huruf D disitu sudah jelas tertulis bahwa pemerintah harus menyiapkan tempat sampah dan itu sudah menjadi tugas pemerintah,” kata Edward dihadapan Sekretaris Camat Medan Barat, Lurah Pulo Brayan Kota, ratusan tamu undangan dan awak media.

Tambahnyanya, setiap orang atau badan dilarang membuang sampah sembarangan, menyelenggarakan pengelolaan persampahan tanpa seizin Walikota dan menimbun sampah atau pendauran ulang sampah dan atau pemanfaatan kembali sampah yang berakibat kerusakan lingkungan.

Kemudian, ia juga menjelaskan mengenai adanya denda dan sanksi pidana jika ada yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

“Setiap orang yang melanggar ketentuan tersebut dapat dikenakan pidana dengan kurungan paling lama 3 (tiga)  bulan atau pidana denda paling banyak Rp.10 juta. Kemudian, setiap badan yang melanggar ketentuan tersebut dikenakan pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp.50 juta,” jelasnya. (MR/Siti)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com