DAERAH

Dukcapil Karo Luncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) Perdana

METRORAKYAT.COM, TANAH KARO – Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil), Rabu (14/08/2019) meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) Perdana.

Peluncuran perdana KIA dilaksanakan di tribun kehormatan depan rumah dinas bupati, bertepatan dengan kegiatan karnaval anak sekolah PAUD, TK dan SD menjelang hari kemerdekaan.

KIA diserahkan kepada perwakilan anak usia 7-15 tahun secara simbolis yang disaksikan para Forkopimda Kabupaten Karo saat menghadiri pawai anak keliling.

Sekretaris Disdukcapil, Drs.Indra Jaya Bangun mengatakan penerbitan KIA tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik. Serta upaya memberikan perlindungan pemerataan sebagai hak konstitusional warga negara Indonesia.

“KIA sangat bermanfaat Karena berfungsi sebagai tanda pengenal dan bukti diri yang sah terhadap anak Indonesia. Selain itu diperuntukkan bagi anak usia 0-17 tahun dan belum menikah,”ujarnya.

Sementara untuk pelayanannya dilaksanakan di Dinas Dukcapil masing-masing daerah atau Kabupaten/Kota.

“Bagi masyarakat yang akan mengurus KIA tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Asalkan persyaratan telah dilengkapi, begitu juga dengan pengurusan administrasi kependudukan lainnya.

Karena berdasarkan Undang-undang no. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, UU no. 23 tahun 2006 dengan perubahan UU no. 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan Permendagrino. 2 tahun 2016 tentang Kartu Indonesia Anak. Maka program KIA telah diluncurkan di seluruh Indonesia.(mr/Anita)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com