Disdukcapil Bengkalis Gerah Mendengar Petugas UPTD Pungut Biaya Saat Proses Pengurusan

METRORAKYAT.COM | BENGKALIS – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Bengkalis Renaldi mengaku ‘gerah’ memperoleh informasi adanya oknum petugas di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) memungut biaya dari masyarakat dalam proses pengurusan dokumen.

Namun, Renaldi sangat menyayangkan informasi yang disampaikan kepihaknya tidak secara lengkap, ‘siapa’ oknum tersebut sehingga tidak dapat di tindak lanjuti.

“Karena saya anti mendengar ada oknum anggota kita yang melakukan pungutan liar atau Pungli. Sampaikan laporan ke saya, siapa oknum yang melakukan Pungli itu,” ujar Renaldi kepada sejumlah wartawan.

Menurut Renaldi, informasi yang terima adanya oknum petugas meminta-minta uang kepada masyarakat sudah sering terjadi. Hanya saja orang yang menyampaikan laporan tidak menyebutkan siapa oknum itu.

“Apakah karena takut jika melapor akan malah mempersulit ketika akan mengurus dokumen. Saya tegaskan, kepada masyarakat jangan takut, yang melapor tentu diutamakan dan akan saya jaga. Ada oknum lakukan Pungli, laporkan ke saya dengan jelas,” kesalnya.

“Nah, setelah saya memperoleh informasi tentu dengan cara saya bagaimana melakukan tindakan lebih lanjut. Agar masalah yang timbul dengan segera cepat selesai, kami mohon kepada masyarakat sampaikan laporan siapa oknum atau orangnya dan apa permasalahannya,” pesannya menghimbau.(MR/poniman)