Dinkes Tapteng Buka Sosialisasi Pokjanal Bersama Dinkes Pemvrosu

METRORAKYAT.COM TAPTENG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah Nursyam diwakili Winda Darpiannur, membuka pertemuan koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di daerah Tapteng dipasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumtera Utara (Pemvosu) di Hotel PIA Pandan, Selasa (6/11/18).

Tujuan untuk memaparkan Permasalahan pungsi Posyandu, pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

Terdapat sekitar 382 posyandu yang dibina di wilayah kerja Puskesmas se-Kabupaten Tapteng, sekitar 1.900 kader posyandu yang berperan dalam pengelolaan Posyandu.

Pada saat pembukaan kegiatan koordinasi itu, Kabid Kesehatan Tapteng didampingi oleh Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provsu Meidriani Ayu Siregar, keduanya selaku narasumber pada acara itu beserta Kasubbag Keuangan dan Program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Tapteng Mariati Simanullang.

“Untuk meningkatkan fungsi kinerja Posyandu maka diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman, dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama lintas sektor di tingkat kabupaten, meliputi koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi, dan dukungan dalam mewujutkan keberhasilan dibidang pelaksanaan pelayanan serta pubgsi dari posyandu.

Untuk itu, kita laksanakan Koordinasi Pokjanal Posyandu ini lintas sektor sehingga kinerjanya ke depan semakin berhasil guna dalam memberikan pelayanan kesehatan,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng yang dibacakan Kabid Kesmas.

Acara turut dihadiri Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapteng, jajaran Dinas Kesehatan Tapteng, perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, yaitu Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Bappeda, Kepala Puskesmas Pandan, Kepala Puskesmas Lumut, perwakilan Bank Sumut, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga, dan Pelaku Usaha. (MR/RM).

Bagikan :