DAERAH

Dekranas Award 2019, Bittang Marotur Taput Tekstil Terbaik di Indonesia

METRORAKYAT.COM, TAPUT– TenunanTapanuli Utara yakni Bittang Marotur pewarna alam dari Salaon dianugrahi sebagai Tekstil terbaik di seluruh Indonesia dalam ajang Dekranas Award 2019 yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Dari 39 produk yang diperlombakan di ajang Dekranas Award tersebut Ulos Tonunan ‘Bittang Marotur Salaon ‘ yang dikerjakan Petenun Meli Hutabalian menerima Award diserahkan Ketua Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Ketua Dekranasda Taput Ny Satika Nikson Nababan boru Simamora meluapkan kegembirannya dan bangga petenun asal Desa Lumban Siagian mampu meraih Dekranas Award.

“Inilah buntut perjuangan kita, Tonunan Taput dinyatakan Tekstil terbaik di seluruh Indonesia,” kata Satika via selular.

Disela-sela menghadiri langsung penyerahan Award dan juga mengikuti Kriyanusa, Satika semakin terpacu memotivasi pengerajin binaanya.

“Inilah yang kita mau, petenun itu didepan menampilkan produknya. Dan memang yang kita ikut perlombakan hasil karya mereka sendiri,” kata dia.

Satika berharap dengan sabetan Tonun Taput dinyatakan Tekstil terbaik akan bisa memotivasi petenun lainnya.

“Ini yang kita mau sejak awal dan memang untuk sampai kesana tidak instan. Petenun pun harus kita bimbing apa yang dimau pasar dan bagaimana menghasilkan tenunan kualitas terbaik. Kita harap ke depan karya petenun kita bisa lebih jauh lagi berkiprah,” pungkasnya. (MR/MARUDUT NABABAN)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com