TNI MERAKYAT

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arif Pimpin Ziarah Nasional

METRORAKYAT.COM, ACEH – Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos. memimpin jalannya upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh melaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Peuniti, Ateuk, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Minggu (10/11).

Kegiatan ziarah nasional peringatan hari pahlawan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda selaku inspektur ziarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di Tugu Taman Makam Pahlawan Banda Aceh, penghormatan terakhir, dilanjutkan tabur bunga yang bertujuan mengenang serta menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tugas dan diakhiri dengan do’a bersama.

Peringatan hari Pahlawan 10 November 2019 kali ini mengusung tema “Jadikanlah Pahlawan Masa Kini Yang Memiliki Kepedulian Terhadap Sesama”.

Makna Pahlawan masa kini, menurut Danlanud SIM, sejatinya Pahlawan tidak menuntut penghargaan kecuali tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, dan juga bertujuan mengajak generasi masa kini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengorbankan jiwa raga untuk kebahagiaan yang dapat dirasakan hingga saat ini.

Sebagai generasi penerus bangsa, lanjutnya, sudah selayaknya mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan dengan penuh dedikasi menghayati makna perjuangan yang telah dirasakan saat ini.

“Mari kita sama-sama seraya berdo’a dan memetik hikmah dari perjuangan para pahlawan dan kita tanamkan dalam diri sanubari kita sebagai bangsa Indonesia, betapa hebatnya perjuangan para pahlawan-pahlawan kita yang mengabdi kepada bangsa ini, bisa kita jadikan sebagai refleksi perjuangan para pahlawan bangsa untuk diteladani generasi muda,” ujarnya seraya memotivasi generasi muda agar bersemangat dalam berkarya positif mengisi kemerdekaan.

Generasi muda, tambahnya, wajib meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan dan sekaligus menjadi warisan luhur kepada anak cucu bangsa Indonesia.

Untuk diketahui bersama, di TMP ini terdapat 397 pusara pahlawan terdiri atas Pusara Angkatan Bersenjata sebanyak 384, Pegawai Sipil 4 pusara, Pejuang Rakyat 7 pusara dan Pahlawan Tak Dikenal sebanyak 5 pusara. ( Suriyanto/Pentak SIM )

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com