Curah Hujan Tinggi, Ini Kata Wong Chun Sen Tarigan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B, mengatakan, tingginya curah hujan di Kota Medan saat ini perlu di waspadai, sebab, selain akan menyebabkan banjir, juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Kondisi cuaca yang tidak menentu, terkadang, panas dan cerah namun berubah gelap disertai hujan, dapat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, terutama pada anak-anak.

” Warga masyarakat harus tetap waspada terhadap penyakit menular seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dapat terjadi bagi siapa saja, sebab, air hujan yang turun bisa saja masih tergenang dan menjadi sarang bagi nyamuk aedes egypti (nyamuk demam berdarah),” terang anggota Komisi B DPRD Kota Medan ini, Senin (5/11/2018) di Kota Medan.

Lanjut Wong, penyakit flu dan batuk bisa juga menyerang masyarakat, apalagi, di lingkungan tempat tinggal mereka kurang bersih dan banyak tumpukan sampah.

” Kepada warga masyarakat Kota Medan, agar selalu mengutamakan hidup bersih, tidak membuang sampah sembarangan, dan peduli terhadap kondisi lingkungan, sebab, musim hujan saat ini dapat mengancam kesehatan warga. Buanglah sampah ditempat yang telah tersedia dan jangan membuang sampah ke sungai atau ke parit, serta rajin melakukan gotong-royong,” harap Tarigan.

Wong Chun Sen juga berharap, Dinas Kesehatan Kota Medan dan Puskesmas dapat saling berkoordinasi dengan Lurah dan Camat untuk melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang rawan penyebaran penyakit menular akibat dampak cuaca yang tidak menentu saat ini.

” Jika ada lokasi yang dianggap rawan penularan penyakit seperti DBD, Dinas Kesehatan bisa saja turun dan segera melakukan foging, jangan menunggu ada korban baru foging dilakukan,” ucapnya.

Wong menambahkan, kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, anak-anak yang lebih rentan terkena penyakit seperti batuk, flu dan demam.

” Para orangtua agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan anak-anak mereka, dan memberikan asupan gizi yang cukup, sehingga mereka (anak-anak-red) tidak gampang terserang penyakit yang disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini,” pungkas Politisi dari partai PDI Perjuangan Kota Medan ini. (MR/A06)

Bagikan :