DAERAH

Bupati Tapteng Buka Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019

METRORAKYAT.COM, TAPTENG – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmi Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019, tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Provinsi Sumatera Utara di Aula Kantor Bupati, Rabu (10/07/19).

Acara Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara (DKP Provsu) yang bertujuan untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Provsu) Mulyadi Simatupang, S.PI, M.Si menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini dapat mendorong kemajuan pendapatan hasil kelautan yang ada di pesisir pantai. Khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“saya berharap pertemuan kita ini bisa memberikan manfaat yang baik guna membangun pertumbuhan ekonomi di Pantai Barat dan Pesisir di Tapanuli Tengah,” kata Mulyadi Simatupang.

Dalam sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan bahwa Tapteng sebagai wilayah pesisir, berada di bagian Barat Sumatera Utara berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan Kepulauan Nias, juga Kota Sibolga, di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan, dan di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Pakpak Bharat. Panjang garis pantai Tapteng mencapai 200 km, dengan luas Lautan 4.000 km dan luas Daratan 2.196, 98 Km. Jumlah Pulau-pulau di Tapteng sebanyak 32 pulau yang hanya sebagian kecil dihuni oleh penduduk.

“Terwujudnya masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkarakter, mandiri, berakhlaq dan berkeadilan yang sejahtera sebagai visi Kabupaten Tapanuli Tengah. Sejalan dengan hal tersebut Tapteng dalam meningkatkan kesejahteraan Nelayan melalui peningkatan produksi perikanan, meningkatkan penghasilan bagi nelayan, serta jaminan sosial berupa asuransi nelayan. Semoga acara sosialisasi ini bisa bermanfaat di Tapanuli Tengah guna menunjang pendapatan ekonomi nelayan Tapanuli Tengah,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya.

Soaialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2019 ini sangat penting di terapkan demi kesejateraan masyarakat Tapteng yang mayoritas adalah nelayan, hal ini perhatian kusus demi meningkatkan perekonomian kususnya para nelayan yang ada di Tapanuli Tengah.

“Kami berharap kegiatan Sosialisasi ini tepat pada sasarannya agar Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Sumatera Utara ini bisa menjadi dokumen mengambil kebijakan dalam membangun Pantai Barat Sumatera Utara pada umumnya dan Kabupaten Tapanuli Tengah pada khususnya. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi di Kabupaten Tapanuli Tengah,” tutur Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.(MR/RM)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com