HUKUM

BNN Musnahkan 1 Hektare Ladang Ganja di Balik Bukit Desa Pulo Aceh Besar

METRORAKYAT.COM, ACEH – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali temukan ribuan meter ladang ganja siap panen. Ladang yang berada pada ketinggian 716 mdpl tersebut ditemukan di sebuah bukit yang berada di kawasan Desa Pulo Kec. Seulimeum Kab. Aceh Besar Prov. Aceh pada titik koordinat N 05°27.735′ E 095°38.109.

Sebanyak 102 personel dikerahkan, terdiri dari anggota Propam, Sat. Brimob Aceh, Kodim, Tim BNN Pusat, BNNP Aceh, Polda Aceh dan Polres Aceh Besar.

Karo Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Pol Sulistyo Pudjo dalam siaran persnya menjelaskan bahwa ketinggian tanaman ganja yang berhasil ditemukan berkisar 50 – 310 cm dan terbentang pada lahan seluas kurang lebih 1 Hektar. Sebanyak kurang lebih 40.000 batang ganja berusia 3 – 4 bulan tersebut berhasil dimusnahkan tim gabungan.

“Penemuan ladang ganja ini berangkat dari adanya laporan masyarakat yang diterima oleh tim BNN pusat. Kami lakukan penelusuran selama satu minggu, hingga akhirnya kami turunkan 102 personel gabungan untuk melakukan pemusnahan ladang ganja” Ucap Sulistyo Pudjo.

Lanjutnya lagi, Untuk bisa tiba di lokasi, tim harus menempuh jarak 3 jam dengan berjalan kaki melewati medan yang sangat terjal. Terjalnya lokasi ladang, menyebabkan tim BNN kesulitan menemukan pemilik tanaman ganja tersebut.

“BNN sedikit kesulitan menemukan tersangkanya, karena ini daerah perbukitan yang terjal, dan tanaman ganja ini ditanam diatas tanah milik negara.” Jelas Brigjen pol Sulistyo Pudjo melalui pesan WhatsApp (12/7) sore.

Hingga saat ini, total lahan ganja yang berhasil dimusnahkan BNN sepanjang tahun 2019 seluas 5,5 hektar. Dengan dilakukannya pemberantasan lahan ganja ini, BNN berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi menanam ganja sesuai dengan Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. ( MR/Suriyanto/Red )

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com